Jum'at, 26/04/2024 06:14 WIB

Faisol Riza: Atmosfer Kompetisi Atlet Panjat Tebing Harus Dijaga

Kompetisi nasional maupun kejuaraan daerah 2019 menjadi model karena pada 2020 akan ada dua agenda besar, yakni Olimpiade di Tokyo Jepang, serta PON XX di Papua.

Anggota DPR Komisi XI Faisol Riza

Jakarta - Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTIFaisol Riza menyebut sedikitnya ada lima kejuaraan panjat tebing tingkat nasional yang akan digelar hingga akhir 2019.

"Lima kompetisi ini yang sudah teragendakan. Ini belum termasuk kejurda (kejuaraan daerah)," ujar Faisol Riza di Jakarta, Sabtu (8/6/2019).

Faisol Riza yang juga Anggota DPR RI terpilih 2019-2024 menjelaskan, ajang kompetisi nasional maupun kejuaraan daerah 2019 menjadi model karena pada 2020 akan ada dua agenda besar, yakni Olimpiade di Tokyo Jepang, serta PON XX di Papua.

"Untuk Olimpiade, persiapan sudah matang, dimana tim pelatih sudah menggelar seleksi hingga ada 10 atlet pelatnas digembleng untuk mengharumkan nama bangsa di kancah dunia," jelas Faisol.

Selain itu, pada September 2020 juga akan ada PON XX di Papua. Para atlet dari daerah-daerah tentu akan bertempur dalam Pra-PON sehingga bisa memperebutkan medali PON.

Menurut Faisol, perlu banyak kejuaraan untuk menjaga semangat dan atmosfer kompetisi bagi para atlet, sehingga mereka terus menempa diri. Apalagi melalui olahraga panjat tebing ini, kita bisa meraih prestasi sekaligus mengharumkan nama daerah, bangsa, dan negara.

"Semangat dan mental para atlet ini yang harus dijaga. Sejumlah daerah juga terus menyiapkan atletnya. Selain kejurda, akan ada kejuaraan nasional, pra PON, dan PON XX pada 2020. Olimpiade di Tokyo juga kita harus tampil optimal," jelas Faisol.

Ia mengingatkan olahraga panjat tebing ini punya makna filisofis mendalam, bagaimana berjuang dari bawah, semangat pantang menyerah untuk selamat sampai di puncak.

KEYWORD :

FPTI Panjat Tebing Faisol Riza Olimpiade 2020




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :