Jum'at, 23/08/2019 22:14 WIB

Trump Minta NASA Prioritaskan Mars Bukan Bulan

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump meminta kepada badan antariksa AS, NASA, untuk fokus pada Mars daripada bulan.

Trump berbicara kepada para tamu di Forum Kepemimpinan NRA-ILA pada Pertemuan dan Pameran Tahunan NRA ke-148 (Foto: Scott Olson / Getty Images / AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump meminta kepada badan antariksa AS, NASA, untuk fokus pada Mars daripada bulan. Presiden membuat komentar dalam tweet saat naik Air Force One dalam perjalanan dari Irlandia ke Washington, DC, Jumat (07/06) waktu setempat.

"Untuk semua uang yang kita belanjakan, NASA tidak boleh berbicara tentang pergi ke Bulan, Kami melakukannya 50 tahun yang lalu. Mereka harus fokus pada hal-hal yang jauh lebih besar yang kita lakukan, termasuk Mars," twitt Trump dilansir UPI.

Tweet itu bertentangan dengan arahan Trump yang ditandatangani pada Desember 2017 untuk mengirim astronot AS kembali ke bulan untuk pertama kalinya sejak 1972. Pada saat itu ia mengatakan misi ke Mars akan melakukan perjalanan akhirnya ke planet itu.

"Kali ini kami tidak hanya akan menanam bendera kami dan meninggalkan jejak kami, kami akan membangun landasan untuk misi akhirnya ke Mars dan mungkin, suatu hari nanti, ke banyak dunia di luar," katanya pada 2017.

"Arahan ini akan memastikan program luar angkasa Amerika sekali lagi memimpin dan menginspirasi seluruh umat manusia," tambahnya.

Arahan Trump adalah dalam menanggapi rekomendasi oleh Dewan Antariksa Nasional, yang dipimpin oleh Wakil Presiden Mike Pence, yang telah mendorong tujuan bulan selama 18 bulan terakhir.

"Ini adalah kebijakan yang dinyatakan pemerintah ini dan Amerika Serikat untuk mengembalikan astronot Amerika ke bulan dalam lima tahun ke depan," kata Pence pada bulan Maret di Space and Rocket Center AS di Alabama.

Sebelumnya Jumat, Administrator NASA Jim Bridenstine mengulangi tujuan pemerintah Trump untuk menjadikan bulan sebagai prioritas.

"Arahan kebijakan luar angkasa pertama presiden mengatakan, `kita akan kembali ke bulan," kata Bridenstine pada Konferensi Pengembangan Antariksa Internasional di Washington.

TAGS : Perusahaan NASA Donald Trump Mars




TERPOPULER :