Jum'at, 26/04/2024 05:21 WIB

ISPA jadi Penyakit yang Banyak Diderita Pemudik

Kondisi kesehatan fisik dan psikis harus tetap dijaga agar mudik selamat sampai tujuan.

Ilustrasi ISPA

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menerima laporan penyakit dari 923 pos kesehatan mudik 2019 di 34 provinsi. Ada enam jenis penyakit dan ISPA menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh pemudik.

Laporan tersebut diterima dan diakumulasikan oleh Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes hari Minggu (2/6). Dari laporan itu, diketahui jumlah ISPA sebanyak 456 orang, lima penyakit lainnya berupa diare 82 orang, gangguan pencernaan 275 orang, hipertensi 287 orang, kardiovaskular 51 orang, dan keracunan 3 orang.

Jumlah penderita penyakit tersebut didasarkan pada kunjungan pemudik ke pos kesehatan. Pemudik langsung diberikan penanganan medis dan obat-obatan sesuai SOP.

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengimbau kepada masyarakat jangan memaksakan diri untuk cepat sampai ke kampung halaman. Kondisi kesehatan fisik dan psikis harus tetap dijaga agar mudik selamat sampai tujuan.

“Manfaatkan pos kesehatan di rest area dan di tempat lain di jalur mudik. Pastikan kondisi tubuh sehat sebelum melanjutkan perjalanan,” katanya.

Selain itu, ada pula kejadian kecelakaan, berdasarkan data Korlantas Polri hingga hari ini tercatat sebanyak 45 meninggal, 27 luka berat / rawat inap, dan 207 luka ringan / rawat jalan.

 

KEYWORD :

Saluran Pernapasan Penyakit Mudik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :