Jum'at, 26/04/2024 21:29 WIB

Mudik Paling Aman dan Nyaman bagi Ibu Hamil

Perjalanan mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang prima.

dr. Muhammad Fadli, Sp. OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah (Foto: RSPI)

Jakarta, Jurnas.com - Perjalanan mudik bukanlah perjalanan yang mudah. Mulai dari tingginya volume kendaraan yang menyebabkan macet, kondisi fisik kita yang kurang prima namun memaksakan diri untuk dapat cepat sampai di kampung halaman dapat berujung kecelakaan saat menyetir, atau melonjaknya harga tiket pesawat dan kereta api yang akhirnya membuat banyak perantau memilih menggunakan kendaraan beroda dua untuk sampai di tujuan.

Agar perjalanan mudik bersama ibu hamil berjalan dengan lancar, hal pertama yang harus dilakukan adalah bertemu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk berkonsultasi mengenai perkembangan janin dan kondisi ibu hamil.

Perjalanan mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang prima.

Menurut dr. Muhammad Fadli, Sp. OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah waktu yang paling aman bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh adalah pada trimester kedua kehamilan.

"Saat itu biasanya ibu hamil sudah melewati masa-masa mual dan muntah (morning sickness). Cermati juga apakah ibu hamil pernah memiliki riwayat pendarahan atau kontraksi dini sebelumnya. Hal ini bisa menjadi faktor risiko yang membahayakan ibu dan janin saat perjalanan mudik," ujar dr Fadli.

Jangan lupa, lanjut dr Fadli sebelum mudik, lakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan janin, ya. Pemilihan moda transportasi menjadi faktor utama yang harus dipikirkan.

Pilihlah moda transportasi yang memiliki waktu tempuh paling singkat atau memungkinkan ibu hamil untuk berhenti di rest area secara periodik untuk beristirahat atau stretching.

"Pastikan juga ibu hamil terhidrasi dengan cukup, optimalkan minum air putih minimal 2 liter per hari selama di perjalanan. Selalu gunakan sabuk pengaman apapun model transportasinya ya," saran dr Fadli.

KEYWORD :

Ibu Hamil Mudik Sehat Tips Mudik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :