Jum'at, 19/07/2019 06:21 WIB

Yuk Simak Manfaat Negatif dan Positif Teknologi bagi Anak

Pembentukan karakter anak akibat teknologi mengarah kepada dua karakter, yaitu karakter negatif dan positif. 

Ilustrasi Adblock Plus (foto: Engadget)

Jakarta, Jurnas.com - Orang tua patut berbangga saat anak semakin pintar dan aktif dengan mengenal teknologi, namun orang tua perlu lebih berhati-hati saat anak mulai menunjukkan karakter negatif akibat teknologi.

Psikolog anak dari Mentari Anakku, Firesta Farizal, M.Psi., menjelaskan seperti apa karakter negatif dan positif anak yang ditimbulkan dari penggunaan teknologi:

Karakter Negatif:

1. Cenderung ingin atau mengharapkan sesuatu yang mudah dan cepat. Mudah menyerah saat berhadapan dengan sesuatu yang butuh “usaha” lebih.

2. Kurang peka terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.

3. Berkembangnya nilai-nilai negatif yang terpengaruh dari konten game atau tontonan yang tidak tepat (Agresivitas, konsumerisme, dan lain-lain).

Karakter Positif:

1. Memiliki keingintahuan yang besar.

2. Disiplin dan bertanggung jawab akan aturan yang sudah disepakati.

3. Berkembangnya nilai-nilai positif yang terpengaruh dari konten game atau tontonan yang tepat (Kejujuran, bertanggung jawab, menghargai orang lain, mau membantu orang tua, peduli terhadap lingkungan, dan lain-lain).

Orang tua harus pandai dalam memberikan batasan sejak awal untuk anak, jangan hanya memberikan aturan saja tetapi orang tua harus tegas dalam mendidik dan membatasi penggunaan teknologi untuk menghindari efek adiksi dan screen. 

TAGS : Teknologi Anak Manfaat Positif




TERPOPULER :