Minggu, 25/08/2019 07:32 WIB

Kenalkan Anak Gadget Sesuai Usia

Sebelum memperkenalkan teknologi, ada baiknya orang tua mengetahui seperti apa kategori usia anak

Ilustrasi Adblock Plus (foto: Engadget)

Jakarta, Jurnas.com - Semakin cepat anak terkontaminasi teknologi, akan semakin cepat perubahan mental dalam dirinya. Sebelum anak mengalami kecanduan gadget ada baiknya orang tua cepat tanggap, mencegah, dan memperhatikan anak sebelum mengalami kerusakan mental.

Sebelum memperkenalkan gadget ada baiknya orang tua mengetahui seperti apa kategori usia anak.

Ada tiga kategori usia anak berdasarkan data dari American Academy of Pedriatics tahun 2016 yang bisa dijadikan panduan oleh orang tua.

1. Anak usia kurang dari 18 bulan, tidak direkomendasikan untuk mengenal teknologi.

2. Anak usia 18 bulan sampai 2 tahun, sebaiknya didampingi saat mengakses teknologi. Orang tua harus pandai memilih tontonan/aplikasi yang tepat dan hindari penggunaan teknologi sendirian (solo media use).

3. Anak usia 2-5 tahun, disarankan untuk mengakses teknologi maksimal satu jam perhari (co-view).

Psikolog anak dari Mentari Anakku, Firesta Farizal, M.Psi mengatakan setelah mengikuti panduan kategori usia anak, orang tua harus memahami seperti apa karakteristik anak dan berikan batasan-batasan yang wajar sesuai dengan usia anak.

"Orang tua berhak untuk menentang dan melarang anak jika dirasa sudah terlalu kecanduan gadget. Jangan sampai orang tua cepat luluh terhadap rayuan dan bujukan anak karena akan membuat anak semakin keras kepala," ucapnya.

TAGS : Gadget Anak Kategori Usia




TERPOPULER :