Jum'at, 23/08/2019 22:31 WIB

Peristiwa Sejarah 23 Mei

Tanggal 23 Mei yang jatuh pada hari ke-143 (hari ke-144 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah

Pada 23 Mei 2009, polisi mengatakan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun, 62, yang terkait dengan penyelidikan korupsi, meninggal dalam lompatan dari tebing di dekat rumahnya setelah meninggalkan catatan bunuh diri.

Jurnas.com - Tanggal 23 Mei yang jatuh pada hari ke-143 (hari ke-144 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

1430 - Jeanne d`Arc ditangkap oleh tentara Burgundi ketika mempertahankan kota Compiègne.

1568 - Belanda merdeka dari Spanyol

1701 - Kapten William Kidd digantung di London karena pembajakan dan pembunuhan.

1829 - Cyrill Demian diberikan hak paten untuk alat musiknya yang disebut akordeon.

1900 - Sersan Angkatan Darat AS. William H. Carney menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang dianugerahi Medal of Honor. Dia dikutip untuk usahanya selama pertempuran Perang Saudara Fort Wagner, SC, pada Juni 1863.

1934 - Duo perampok bank Amerika Serikat, Bonnie dan Clyde, disergap polisi dan ditembak mati di Black Lane, Louisiana.

1939 - Kapal selam Angkatan Laut AS Squalus turun dari New Hampshire dalam 240 kaki air. Dua puluh enam orang tewas. Tiga puluh tiga diselamatkan dalam penyelamatan berani dengan lonceng menyelam. Kapal selam dibesarkan pada bulan September 1939 dan mengaktifkan kembali USS Sailfish.

1945 - Heinrich Himmler, mantan kepala Gestapo, bunuh diri di penjara militer Inggris di Luneburg, Jerman.

1960 - Agen-agen Israel menangkap penjahat perang Nazi Adolf Eichmann di Argentina dan membawanya ke Israel. Dia diadili, dihukum dan digantung .

1963 - Mahkamah Agung Alabama menggulingkan Walikota Birmingham Art Hanes dan dua komisioner kota, termasuk Komisaris Polisi segregasionis, Eugene "Bull" Conner.

1968 - Kenaikan Yesus Kristus menjadi hari libur nasional untuk yang pertama kalinya.

1991 - Mahkamah Agung AS menegakkan peraturan federal yang melarang klinik wanita yang didanai pemerintah federal untuk membahas atau memberi nasihat tentang aborsi dengan pasien.

1992 - Presiden George HW Bush melembagakan kebijakan pengungsi Haiti yang baru , yang memungkinkan Coast Guard untuk segera mengembalikan orang-orang kapal AS yang terikat ke tanah air mereka yang bermasalah.

1997 - Kerusuhan Jumat Kelabu di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

1997, Mohammad Khatami, yang lebih menyukai hubungan ekonomi yang lebih baik dengan Barat, terpilih sebagai presiden Iran .

2009 - Polisi mengatakan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun, 62, yang terkait dengan penyelidikan korupsi, meninggal dalam lompatan dari tebing di dekat rumahnya setelah meninggalkan catatan bunuh diri.

2011 - Mahkamah Agung AS menguatkan putusan pengadilan yang lebih rendah bahwa penjara California yang penuh sesak melanggar Amandemen Kedelapan yang melarang "hukuman kejam dan tidak biasa."

2013 - Boy Scouts of America mengakhiri larangan berusia satu abad terhadap pramuka gay secara terbuka tetapi masih melarang para pemimpin pramuka gay dewasa.

2018 - Liga Sepak Bola Nasional menyetujui kebijakan baru yang mengharuskan semua pemain membela lagu kebangsaan atau tetap berada di ruang ganti. Di bawah aturan baru, liga berencana untuk mendenda tim jika pemain berlutut selama lagu kebangsaan.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Mei




TERPOPULER :