Kamis, 18/04/2024 10:20 WIB

Tanggapi Hasil Pemilu, PDIP Keluarkan 6 Pernyataan Sikap

Selesai Pemilu semua dapat meneruskan kembali tujuan awal dari pemilu dan demokrasi, yaitu bergotong-royong membangun kesejahteraan bangsa demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil pleno rekapitulasi suara manual hasil Pemilu 2019 yang telah diumumkan oleh KPU Pusat.

Terkait itu, DPP PDI Perjuangan mengeluarkan 6 butir pernyataan sikap yang dibacakan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

1. PDI Perjuangan mengucapkan selamat kepada Pasangan Terpilih Joko Widodo dan Kyai Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019 – 2024.

"Kami mendoakan agar pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dapat menjalankan amanah dan kekuasaan dengan baik dan merealisasikan apa yang sudah dijanjikan dan diharapkan oleh seluruh rakyat Indonesia," ujar Hasto.

2. PDI Perjuangan juga menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran partai koalisi Pasangan Joko Widodo – Kiai Ma’ruf Amin, kepada seluruh Tim Kampanye Nasional dan Daerah, Saksi-saksi di TPS dan kepada seluruh Relawan yang telah berjuang, berkorban dan bahu membahu dalam memenangkan Pemilu 2019.

3. Dengan ini kami juga menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno serta partai koalisinya yang telah menjadi partner dalam kompetisi pemilu yang beradab dan demokratis.

"Kami berharap setelah pemilu selesai kita semua dapat meneruskan kembali hal yang menjadi tujuan dari proses pemilu dan demokrasi, yaitu bergotong-royong membangun kesejahteraan bangsa demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Hasto.

4. PDI Perjuangan menyerukan kepada seluruh rakyat agar mulai menghentikan segala bentuk pertengkaran, permusuhan dan kebencian terutama di media sosial dan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pemilu telah selesai, kini saatnya kembali dalam kehidupan nyata dan kembali pada kebudayaan asli Indonesia yaitu guyub dan saling hormat-menghormati. Pemerintah dan kekuasaan harus terus diawasi tetapi dengan cara-cara yang beradab, terhormat dan dilandasi oleh niat baik," lanjut Hasto.

5. Dengan segala kekuarangan dan ketidak puasan yang ada, kami ingin mengingatkan bahwa konstitusi kita menyediakan mekanisme hukum untuk menyelesaikan perbedaan atau ketidakpuasan. Kami menyarankan agar mekanisme hukum itu dipergunakan sehingga dengan demikian kita menjadi bagian dari upaya membangun peradaban politik yang lebih baik.

6. Akhir kata kami juga ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan kepada PDI Perjuangan sehingga kembali, untuk dua kali berturut-turut menjadi Partai Pemenang Pemilu. Kami berjanji bawa DPP PDI Perjuangan dan Fraksi PDI Perjuangan akan menjadi alat dan perkakasnya rakyat Indonesia untuk mencapai tujuan bernegara sebagai mana amanat Pembukaan UUD 1945.

KEYWORD :

Hasil Pemilu Pleno Rekapitulasi KPU Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :