Kamis, 25/04/2024 07:28 WIB

Tingkatkan Pelaksanaan IUPK OP PTFI Papua, Menteri ESDM ke Phoenix

PTFI saat ini merupakan pemegang IUPK Operasi Produksi yang mayoritas sahamnya telah dimiliki Indonesia melalui PT Inalum.

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (Foto: Ist)

Phoenix, Jurnas.com - Menteri ESDM, Ignasius Jonan beserta tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melakukan kunjungan kerja ke Phoenix, Amerika Serikat (AS) untik bertemua CEO Freeport-McMorran.

Kunjungan dua hari itu - Minggu (19/5) dan Senin (20/5)- dalam rangka mendukung dan meningkatkan pelaksanaan Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK OP) PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua, serta meninjau fasilitas operasi tambang Freeport di Morenci, Arizona.

Sebagaimana diketahui, PTFI saat ini merupakan pemegang IUPK Operasi Produksi yang mayoritas sahamnya telah dimiliki Indonesia melalui PT Inalum.

Kunjungan kerja Menteri ESDM dilakukan untuk mendorong dan memastikan dua hal utama dalam pelaksanaan IUPK OP PTFI, yaitu tata kelola lingkungan yang sesuai dengan roadmap yang telah ditetapkan, dan penyelesaian fasilitas pemurnian (smelter) di Indonesia dalam waktu 5 tahun setelah IUPK OP diterbitkan.

Dalam kunjungan kerja dimaksud, Menteri ESDM berkesempatan untuk mengunjungi salah satu fasilitas operasi tambang tembaga milik Feeeport-McMorran di Morenci, Arizona.

Kunjungan ke Morenci dilakukan untuk melihat standar serta kelayakan fasilitas operasi tambang Freeport McMoRan yang akan menjadi standar pelaksanaan operasi tambang PTFI sebagai salah satu perusahaan tambang kelas dunia (world class mining company).

KEYWORD :

Kementerian ESDM Ignasius Jonan PT. Freeport




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :