Minggu, 25/08/2019 02:58 WIB

Tips Puasa Sehat untuk Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil

Jakarta, Jurnas.com - Ibu hamil kerap mengalami dilema saat akan melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan karena khawatir akan pertumbuhan janin di dalam kandungannya. Ibu hamil dapat melakukan ibadah puasa apabila telah melakukan pemeriksaan dan dokter menyatakan kondisi ibu dan janin cukup sehat.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. Cepi Teguh Pramayadi, SpOG menjelaskan bahwa Ibu yang sedang hamil dapat melakukan ibadah puasa jika kondisi tubuh ibu hamil, kandungan, dan janin yang dikandung sehat. Ibu hamil yang akan menjalankan ibadah puasa harus lebih diperhatikan nutrisinya agar janin dan ibu tetap kuat.

“Aktivitas dibulan puasa pada ibu hamil juga harus dibatasi dengan cara memperbanyak waktu istirahat supaya stamina ibu hamil tetap terjaga,” terang
dokter dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta.

Sebaiknya Ibu hamil bisa langsung menghentikan puasa bilamana badan terasa lemas, keringat dingin dan pusing. Segera penuhi asupan yang bergizi untuk mengembalikan kondisi tubuh ibu hamil.

Konsultasikan juga pada dokter kandungan untuk memastikan resiko puasa pada kehamilannya. Puasa bagi Ibu hamil sebenarnya bagus untuk mencegah overnutrisi yang berakibat kegemukan pada ibu hamil dan janin dan juga bisa dihinggapi penyakit lainnya.

Berikut tips Puasa untuk Ibu Hamil dari dr Cepo

1. Konsumsi makanan bergizi

Puasa bagi ibu hamil bukanlah hal yang mudah karena diharapkan jangan sampai karena puasa berat badan ibu dan janin mengalami penurunan.
“Saat sahur dan berbuka ibu hamil harus memakan makanan yang memiliki gizi tinggi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya,” ujar dr Cepi.

2. Kebutuhan air putih harus tetap terpenuhi yaitu 1,5 sampai 2 Liter per hari.

3. Pilihan makanan untuk sahur dan berbuka puasa yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.
Istirahat yang cukup selama berpuasa.
Konsultasikan kehamilan sebelum menjalankan ibadah puasa.

TAGS : Ibu Hamil Manfaat Puasa Tips Puasa




TERPOPULER :