Kamis, 22/08/2019 15:50 WIB

Santi Cazorla Kembali Masuk Timnas Spanyol

Tiga tahun terakhir karir Cazorla hancur oleh masalah fisik yang serius, dimulai dengan kerusakan ligamen lutut pada November 2015, sebelum masalah dengan tendon Achillesnya muncul.

Santi Cazorla (Foto: Daily Star)

Jakarta, Jurnas.com - Kebangkitan luar biasa Santi Cazorla dari cedera yang mengancam karier terus berlanjut setelah ia disebut dalam skuad Spanyol untuk pertama kalinya sejak 2015 untuk kualifikasi Euro 2020 melawan Kepulauan Faroe dan Swedia.

Tiga tahun terakhir karir Cazorla hancur oleh masalah fisik yang serius, dimulai dengan kerusakan ligamen lutut pada November 2015, sebelum masalah dengan tendon Achillesnya muncul.

Awalnya gelandang menderita dua serangan Achilles tendonitis, tetapi kulitnya di daerah sekitarnya mulai memburuk dan infeksi mulai terjadi, mengakibatkan hilangnya 10 sentimeter tendon.

Bahkan setelah menjalani operasi rekonstruksi dan cangkok kulit, Cazorla diperingatkan bahwa ia mungkin tidak akan pernah bisa berjalan dengan baik lagi, apalagi bermain sepakbola.

Tetapi setelah meninggalkan Arsenal tahun lalu untuk kembali ke Villarreal, tempat ia memantapkan dirinya di level tertinggi, pemain berusia 34 tahun itu telah menghidupkan kembali karirnya, hanya kehilangan tiga dari 37 pertandingan LaLiga mereka pada 2018-19 ketika klub nyaris menghindari degradasi.

Dalam musim yang sebaliknya suram untuk Kapal Selam Kuning, Cazorla telah menjadi titik terang, penampilannya dalam hasil imbang 4-4 melawan Barcelona pada bulan April membuatnya mendapatkan pujian besar dan membuktikan bahwa ia masih di antara pilihan lini tengah terbaik Spanyol.

Luis Enrique tampaknya memiliki pendapat yang sama, memberi Cazorla peluang untuk tampil internasional pertama sejak November 2015, ketika ia mencetak gol melawan Inggris.

Selain Cazorla, Dani Carvajal kembali masuk skuad untuk pertama kalinya sejak September, sementara Fabian Ruiz dari Napoli juga bisa mendapatkan topi pertamanya.

Mikel Oyarzabal, pencetak 13 gol LaLiga musim ini untuk Real Sociedad bisa mendapatkan kesempatan pertamanya sejak 2016.

Spanyol akan bertandang ke Kepulauan Faroe pada 7 Juni, tiga hari sebelum menjadi tuan rumah Swedia.

Berikut pasukan timnas Spanyol secara penuh:

David de Gea (Manchester United), Kepa Arrizabalaga (Chelsea), Pau Lopez (Real Betis); Sergio Ramos (Real Madrid), Jesus Navas (Sevilla), Diego Llorente (Real Sociedad), Dani Carvajal (Real Madrid), Mario Hermoso (Espanyol), Inigo Martinez (Athletic Bilbao), Jose Gaya (Valencia), Jordi Alba (Barcelona) ); Sergi Roberto (Barcelona), Santi Cazorla (Villarreal), Dani Parejo (Valencia), Rodrigo (Atletico Madrid), Sergio Busquets (Barcelona), Fabian Ruiz (Napoli), Isco (Real Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Mikel Oyarzabal (Real Sociedad); Rodrigo Moreno (Valencia), Iago Aspas (Celta Vigo), Alvaro Morata (Atletico Madrid).

TAGS : Santi Cazorla Timnas Spanyol




TERPOPULER :