Minggu, 25/08/2019 02:52 WIB

Akhir Kisah Sang Arsitek Ternama Dunia IM Pei

Arsitek terkenal di dunia IM Pei meninggal pada usia 102, Kamis (16/05) waktu setempat. Hal itu diungkapkan Putra Pei, Li Chung Pei, yang juga seorang arsitek.

Arsitek terkenal di dunia IM Pei

Jakarta, Jurnas.com - Arsitek terkenal di dunia IM Pei meninggal pada usia 102, Kamis (16/05) waktu setempat. Hal itu diungkapkan Putra Pei, Li Chung Pei, yang juga seorang arsitek.

Dilansir UPI, sepanjang karirnya, Pei merancang beberapa bangunan penting termasuk Gedung Timur Washington DC, Galeri Seni Nasional, Hall of Fame Rock and Roll di Cleveland dan piramida kaca di pintu masuk Louvre di Paris.

Pei lahir pada 26 April 1917 di Guangzhou, China, sebagai Ieoh Ming Pei. Ayahnya bekerja sebagai bankir dan ibunya adalah seorang seniman. Dia berimigrasi ke Amerika Serikat untuk kuliah dan menghadiri Massachusetts Institute of Technology, di mana dia menerima gelar sarjana arsitektur pada tahun 1940.

Saat berada di MIT, Pei menjadi sukarelawan untuk Komite Penelitian Pertahanan Nasional di mana ia bekerja meleburkan bom selama Perang Dunia II. Pei mengajar di Harvard secara singkat dan berencana untuk kembali ke Cina, ketika William Zeckendorf merekrutnya untuk bergabung dengan firma arsitekturnya Webb dan Knapp pada tahun 1948.

Pei bekerja merancang bangunan di seluruh negeri dan mengambil komisinya sendiri, termasuk Luce Memorial Chapel di Taiwan dan gedung Green Earth Sciences di MIT hingga 1960, ketika ia meluncurkan perusahaan independennya sendiri, IM Pei and Associates.

Setelah memulai perusahaannya sendiri, Pei merancang banyak struktur di New York termasuk terminal National Airlines di Bandara John F. Kennedy dan Newhouse School of Communications di Syracuse University.

Ia menjadi terkenal sebagai arsitek setelah Jaqueline Kennedy memilihnya untuk mendesain Perpustakaan John F. Kennedy pada tahun 1964. Pei merasa terhormat dengan berbagai penghargaan untuk karyanya termasuk Priztker Prize, yang dianggap sebagai salah satu penghargaan tertinggi untuk seorang arsitek.

Dia meninggalkan putranya Li Chung Pei dan Chieng Chung Pei. Istrinya Eileen Loo Pei meninggal pada tahun 2014 dan putra tertua mereka T`ing Chung Pei meninggal pada tahun 2003 pada usia 57 tahun.

TAGS : Arsitek terkenal Dunia IM Pei




TERPOPULER :