Jum'at, 24/05/2019 08:32 WIB

Manfaat Menyantap Buah Kurma Saat Berpuasa

Buah kurma ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh karena didalam buah ini mengandung protein, mineral dan vitamin yang tentu saja sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ketika berpuasa.

kurma

Jakarta, Jurnas.com - Saat di bulan Ramadan, buah kurma menjadi salah satu sajian favorit untuk berbuka puasa. Buah kurma ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh karena di dalamnya mengandung protein, mineral dan vitamin yang tentu saja sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ketika berpuasa. Berikut manfaat  yang di dapat dengan mengkonsumsi kurma setiap hari bulan Ramadan :

1.    Baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet

Pada saat berbuka puasa umumnya kita sering lepas kendali dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang serba manis dan berlemak. Nah, dengan mengkonsumsi buah kurma terlebih dahulu dapat membuat perut menjadi cepat kenyang sehingga dapat mengontrol nafsu makan dan terhindar dari bertambahnya berat timbangan tubuh.

2.    Terhindar dari masalah pencernaan

Apabila mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa dan juga ketika sahur secara rutin maka dapat terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit, karena di dalam buah ini terdapat kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan saat Anda berpuasa. Bayangkan saja, saat berbuka puasa tentu perut dalam kondisi kosong kemudian Anda langsung menyantap makanan yang berat seperti nasi serta lauk lainnya tentu saja perut mengalami kaget yang menyebabkan pencernaan bermasalah.

3.    Memperlancar aliran darah

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki kandungan vitamin A, B2, B12 yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Pada saat menjalankan puasa terkadang mengalami kurangnya asupan darah sehingga menimbulkan sedikit tersumbatnya aliran darah.

4.    Meningkatkan energi

Buah kurma ini juga dapat meningkatkan energi dan membuat Anda lebih merasa segar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di bulan Ramadan ini. Glukosa dalam kurma sangat tinggi, hal inilah yang merupakan sumber energi yang baik buat tubuh. Tetapi bagi penderita diabetes, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena kandungan glukosa tersebut. Ada baiknya jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

5.    Mengurangi rasa dehidrasi

Kurma memiliki kandungan mineral yang tinggi pula sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bukan hanya saat berbuka puasa saja tetapi juga ketika Anda sahur. Kandungan mineral ini berfungsi  untuk mengurangi rasa dehidrasi dan lemas ketika berpuasa.

6.    Meningkatkan  kekebalan tubuh

Buah kurma juga dapat meningkatkan antibodi yang diperlukan oleh tubuh untuk  menghindari dari berbagai penyakit karena didalam buah tersebut terdapat kandungan magnesium, mangan, dan selenium. Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan saat Anda menjalani puasa satu bulan penuh ini.

TAGS : Kesehatan Manfaat Kurma




TERPOPULER :