Rabu, 24/07/2019 16:01 WIB

Penjelajah Laut Texas Selami Laut Terdalam Dunia

Victor Vescovo mencapai kedalaman 35.853 kaki saat menyelam ke dasar Challenger Deep di Palung Mariana, titik terdalam yang diketahui di bumi

Laut terdalam dunia (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Seorang penjelajah yang berbasis di Dallas menetapkan rekor untuk penyelaman terdalam yang pernah dibuat dalam kapal selam di parit laut terdalam di dunia.

Dilansir UPI, Victor Vescovo mencapai kedalaman 35.853 kaki saat menyelam ke dasar Challenger Deep di Palung Mariana, titik terdalam yang diketahui di bumi. Penyelaman itu 52 meter lebih dalam dari penyelaman berawak sebelumnya.

Kunjungan terakhir ke Challenger Deep juga mencatat rekor kedalaman di 35.787 kaki. Perjalanan itu dilakukan oleh pembuat film James Cameron pada 2012.

Selama ekspedisi 28 April - 5 Mei ke Palung Mariana, tim juga menyelesaikan penyelaman ke dasar Sirena Deep, sekitar 128 mil dari Challenger Deep.

Tim menghabiskan berjam-jam di dasar laut di lokasi-lokasi ini, mengumpulkan sampel, termasuk potongan batu mantel terdalam yang pernah dikumpulkan.

Ekspedisi Five Deeps percaya telah mengidentifikasi setidaknya tiga spesies baru hewan laut, termasuk amphipoda lama pelengkap. "Hampir tak terlukiskan betapa bersemangatnya kita semua untuk mencapai apa yang baru saja kita lakukan," kata Vescovo.

"Kapal selam ini dan kapal induknya, bersama dengan tim ekspedisinya yang sangat berbakat, membawa teknologi kelautan ke tingkat baru yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan menyelam ke daerah terdalam, yang paling keras di lautan," tambahnya.

"Kami merasa seperti kami baru saja membuat, memvalidasi, dan membuka pintu yang kuat untuk menemukan dan mengunjungi tempat mana saja, kapan saja, di lautan yang 90 persen belum dijelajahi."

Penyelaman Samudra Pasifik adalah yang keempat dalam rencana Ekspedisi Five Deeps untuk menyelam ke dasar masing-masing dari lima samudra di dunia. Grup ini menggunakan submersible yang disebut Limiting Factor untuk menyelesaikan tantangannya.

Tim selanjutnya berencana untuk melakukan penyelaman di Palung Tonga di Samudra Pasifik Selatan.

TAGS : Laut Terdalam Penjelajah Texas




TERPOPULER :