Jum'at, 24/05/2019 08:07 WIB

Peristiwa Sejarah 13 Mei

Tanggal 13 Mei yang jatuh pada hari ke-133 (hari ke-134 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah.

dihukum 6 tahun Pada 13 Mei 2014, mantan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena menerima suap saat ia menjadi walikota Yerusalem.

Jurnas.com - Tanggal 13 Mei yang jatuh pada hari ke-133 (hari ke-134 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, Pemboman Gereja Kota Surabaya; setidaknya terjadi pemboman 3 gereja di Kota Surabaya sedikitnya 13 meninggal pada 2018.

Berikut peristiwa sejarah 13 Mei:

1607 - Jamestown, koloni Inggris permanen pertama di Amerika Utara, didirikan di dekat Sungai James di Virginia.

1846 - Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Meksiko.

1912 - Inggris membentuk angkatan udara - Royal Flying Corps.

1950 - Ajang balap mobil Formula Satu untuk pertama kalinya digelar di sirkuit Silverstone, Inggris.

1958 - Kerumunan pengunjuk rasa - kebanyakan mahasiswa - menyerang Wakil Presiden Richard Nixon dan istrinya, Pat Nixon, ketika mereka tiba di Venezuela. Meneriakkan slogan-slogan anti-Amerika, kelompok itu memecahkan kaca-kaca kendaraan Nixon dan hampir menjatuhkannya sebelum delegasi AS melarikan diri tanpa cedera,

1963 - Presiden John F. Kennedy mengirim unit-unit pengontrol kerusuhan militer ke Birmingham , Ala., Yang menyatakan bahwa pemerintah akan melakukan segalanya dengan kekuasaannya untuk menjaga ketertiban, untuk melindungi kehidupan warganya dan menegakkan hukum. Kennedy juga memerintahkan agar sebuah perintah eksekutif dirancang untuk memungkinkannya memerintahkan Pengawal Nasional Alabama ke dalam layanan federal segera jika kekerasan antara orang kulit hitam dan kulit putih sekali lagi meletus.

1969 - Insiden 13 Mei: Kerusuhan rasial Tionghoa-Melayu di Kuala Lumpur, Malaysia; sedikitnya 184 meninggal.

1981 - Penembak Turki Mehmet Ali Agca menembak dan melukai Paus Yohanes Paulus II di Lapangan Santo Petrus di Kota Vatikan. Kemudian, paus, dari ranjang rumah sakitnya, memaafkan penyerangnya.

1985 - Sebuah helikopter polisi Philadelphia mengebom rumah kokoh organisasi radikal, MOVE , untuk mengakhiri pengepungan 24 jam. Sebelas orang tewas dan kebakaran yang terjadi kemudian menghancurkan 53 rumah.

1994 - Presiden Bill Clinton mencalonkan Hakim Stephen Breyer untuk menggantikan Hakim Harry A. Blackmun di Mahkamah Agung AS. Breyer bergabung dengan pengadilan pada bulan Agustus.

1998 - Kerusuhan besar melanda kota Jakarta (hingga tanggal 15 Mei) dan akhirnya memicu pengunduran diri presiden Soeharto seminggu setelahnya dan Orde Reformasi dimulai menggantikan Orde Baru.

2009 - Para astronot dalam misi servis 14 hari memulai misi pertama dari lima angkasa yang direncanakan untuk memperbaiki dan memperbarui Teleskop Luar Angkasa Hubble yang berusia 19 tahun . Proyek ini termasuk pemasangan kamera bidang lebar dan Spektrum Origins Kosmik.

2011 - Dalam sebuah pembalasan yang dilaporkan atas pembunuhan kepala teroris Osama bin Laden, dua pembom bunuh diri menewaskan 80 anggota baru Pakistan di sebuah pusat pelatihan.

2012 - Jasad 49 orang yang dimutilasi , yang tampaknya menjadi korban perang yang meningkat antara gerombolan Zetas dan kartel narkoba Sinaloa, ditemukan di sepanjang jalan raya antara Monterrey, Meksiko, dan McAllen, Texas.

2013 - Psikolog dan kolumnis koran lama Joyce Brothers meninggal di Fort Lee, NJ, pada usia 85 .

2014 - Di Israel mantan Perdana Menteri Ehud Olmert dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena menerima suap saat ia menjadi walikota Yerusalem.

2014 - Di Turki barat, sebuah ledakan dan kebakaran di tambang batu bara menewaskan lebih dari 300 orang dan melukai puluhan lainnya.

2018 - Pemboman Gereja Kota Surabaya; setidaknya terjadi pemboman 3 gereja di Kota Surabaya sedikitnya 13 meninggal.

 

 

2018 - Sebuah keluarga pembom bunuh diri menyerang gereja-gereja Kristen di Surabaya, Indonesia, menewaskan tujuh jamaah dan personil keamanan. Di antara para pembom itu adalah dua anak usia 9 dan 12.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Mei




TERPOPULER :