Selasa, 20/08/2019 17:33 WIB

Ini Lho Masalah Umum yang Terjadi Saat Puasa

Jika sedang puasa khususnya di momen sahur dan berbuka puasa disarankan untuk tetap bergaya hidup sehat. 

Astri Kurniati Head of Nutrifood Centre (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan tentu tak sedikit keluhan-keluhan yang dialami, namun hal itu diharapkan tidak menghalangi kualitas ibadah puasa.

Menurut Head of Nutrifood Research Centre Astri Kurniati mengatakan menurut riset, kecenderungan orang berpuasa akan mengalami penurunan berat badan, profil kadar kolesterol juga membaik, dan kondisi tubuh menjadi lebih sehat.

"Sayangnya tidak semua orang bisa menerapkan pola yang benar selama puasa. Jatuhnya jadi over eat dan muncul keluhan," ucap Astri dalam obrolan seru Buka Puasa Sehat di Jakarta, Senin (13/5).

Berikut Astri memaparkan keluhan yang terjadi saat Anda berpuasa jika Anda tidak menerapkan pola makan yang sehat:

1. Kekurangan nutrisi

Disebabkan perbedaan rentang waktu makan. Kekurangan protein bisa dibantu saat sahur dan berbuka puasa.

2. Dehidrasi

Belum lagi ditambah dehidrasi karena minumnya juga berkurang, dipotong tidur juga. Tadinya minum sehari dua liter jadi berkurang, sakit kepala di awal, kebiasaan akan hilang.

3. Heartburn dan konstipasi.

Kebanyakan dari kita usai sahur tidur lagi padahal kondisi lambung masih penuh bisa berisiko heartburn lagi. "Baiknya diberi jeda sekitar 1-2 jam sebelum tidur lagi," imbuh Astri.

Lemak dan makanan saat buka juga mesti dipilih misal jumlah kalori dalam makanan seperti martabak, es cendol, kue donat, es teh manis, ayam krispi.

TAGS : Keluhan Puasa Puasa Sehat Hidup Sehat




TERPOPULER :