Minggu, 08/12/2019 09:14 WIB

Kemenhub Galang Aksi Peduli Korban Banjir di Sigi

Sejumlah barang bantuan untuk korban banjir di wilayah Sigi, Kalimantan Tengah, sedang di bongkar di depan Kantor Desa Bangga.

Palu, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu menginisiasi aksi peduli kemanusiaan untuk para korban bencana banjir di Sigi, Dolo, dan sekitarnya di wilayah Sulawesi Tengah yang terjadi pada hari Minggu (28/4/2019) lalu.

"Kami, KSOP Teluk Palu bersama dengan PT. Pelindo IV dan keagenan kapal serta instansi terkait lainnya di wilayah Sulawesi Tengah turut prihatin dengan terjadinya musibah banjir tersebut. Oleh karena itu, kami menginisiasi aksi peduli kemanusiaan dengan menggalang bantuan dari stakeholder dan instansi terkait untuk meringankan beban yang dihadapi oleh warga yang terkena dampak musibah banjir tersebut," ujar Kepala Kantor KSOP Kelas II Teluk Palu, Abd. Rahman, Jumat (3/5/2019).

Rahman juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran KSOP Kelas II Teluk Palu untuk bahu membahu membantu para korban dengan mengumpulkan dana dan menyalurkan bantuan berupa pakaian bekas, sembako dan sebagainya.

Adapun bantuan kemanusiaan tahap pertama yang terkumpulkan telah disalurkan langsung ke lokasi yang terkena dampak bencana banjir di Sigi, Dolo, dan sekitarnya kemarin, Kamis (2/5/2019).

"Bantuan yang diberikan adalah bantuan kemanusiaan tahap pertama dan selanjutnya direncanakan pengiriman bantuan dijadwalkan di minggu depan sambil menunggu bantuan yang datang dari berbagai pihak," kata Rahman.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan rumah di Dusun II, Desa Balongga, Dolo Selatan, Sigi, Sulawesi Tengah, rusak parah karena diterjang banjir yang diakibatkan hujan deras dan meluapnya sungai yang berada di wilayah setempat.

Selain Desa Balongga, hujan juga menyebabkan banjir di Desa Bangga, Dolo Selatan. Banjir tersebut mengakibatkan sejumlah warga mengungsi ke desa tetangga dan hunian sementara yang sudah dibangun pasca gempa pada 28 September 2018 lalu.

TAGS : Korban Bencana Banjir Sigi Dolo KSOP Palu Kemenhub




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :