Rabu, 17/07/2019 21:40 WIB

ISD 2019 Kembangkan Minat Anak-anak Terhadap Sains dan Teknologi

Selain menjadi ajang perkenalan pameran hasil inovasi dari 84 peserta, Indonesia Science Day 2019 juga dinilai mampu menciptakan minat anak-anak terhadap sains dan teknologi

salah satu stand di Indonesia Science Day 2019 PP IPTEK

Jakarta, Jurnas.com - Selain menjadi ajang perkenalan pameran hasil inovasi dari 84 peserta, Indonesia Science Day 2019 juga dinilai mampu menciptakan minat anak-anak terhadap sains dan teknologi.

Hal itu disampaikan Sparisoma Viridi selaku Koordinator Kemahasiswaan FMIPA ITB usai memberikan materi Workshop terkait Pemodelan Matematika dan Sains pada fenomena sehari-hari dan pemanfataannya.

Menurut Varidi, salah satu cara untuk membuat anak-anak terhadap sesuatu khususnya sains dengan mengembangkan hobby anak-anak dengan mengunjungi wahana-wahan teknologi seperti yang ditawarkan oleh PP IPTEK.

"Salah satu cara mengembangkan minat anak-anak terhadap sains dan teknologi yaitu dengan mengenalkan wahana-wahana seperti hasil inovasi yang disediakan PP IPTEK. Hal ini menurut saya mampu meningkatkan hobby anak-anak terhadap sains," ujar Varidi kepada awak media, Kamis (26/04).

"Mereka harus dibuat minatnya dulu seperti mengunjungi wahana PP IPTEK, museum-museum yang membuat mereka tertarik. Jadi motivasi dulu harus ditingkatkan," tambahnya.

Sebelumnya, Direktur PP-IPTEK, M. Syachrial Annas mengatakan, semakin luasnya promosi PP-IPTEK ke masyarakat melalui media pameran dan workshop di ISD 2019 membuka wawasan baru bagi PTN/PTS, Lembaga Litbang, Industri hasil karya mereka dibutuhkan oleh masyarakat umum, khususmya anak didik ada terlibat dalam bidang sains mampu meningkatkan kecintaan terhadap sains.

"Terjadi interaksi antara pencipta/penemu sains dan pemakai/pengguna sains (masyarakat) sehingga peran sains di masyarakat menjadi penting," ujar Syachrial

Peserta pameran ISD 2019 diikuti sebanyak 24 Instansi, 54 Perguruan Tinggi, dan 6 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memaerkan hasil karya masing-masing instansi. Selain itu, PP-IPTEK menjalin kerja sama dengan berbagai Instansi dan Perguruan Tinggi dalam mengadakan program edukasi sains lainnya seperti, Workshop Sains, Kompetisi Sains, Talkshow, Art and Science Performance akan ditampilkan dalam kegiatan ini.

Tidak ketinggalan pula berbagai kegiatan science interactive spesial khas PP-IPTEK, diantaranya Science Show, Sanggar Kerja Sains, Demonstrasi Roket Air, Demonstrasi Sains, Peneropongan Matahari, Puppet Show yang merupakan program sains reguler PP-IPTEK, dapat disaksikan dan dipraktekkan langsung oleh pengunjung selama kegiatan ISD 2019 berlangsung.

Workshop dan talkshow interaktif pada hari pertama ada dari Kementerian Kominfo membawakan Workshop dengan judul Era 4.0 Tanpa Hoax, Talkshow Technology Trends for Industry 4.0 dari Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA), Workshop Melaras Berbagai Skema Tangga Nada Pada Instrumen Suling Bambu dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

TAGS : ISD 2019 Sains Teknologi




TERPOPULER :