Kamis, 19/09/2019 17:25 WIB

PP IPTEK Ajak Masyarakat Cinta Sains Lewat ISD 2019

Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) berada di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menyelenggarakan Indonesia Science Day (ISD) ke-2 kalinya

Direktur PP IPTEK, Syachrial Annas di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (23/04)

Jakarta, Jurnas.com – Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) berada di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan kembali menyelenggarakan Indonesia Science Day (ISD) ke-2 kalinya pada tanggal 25 - 28 April 2019 di Gedung PP-IPTEK yang berlokasi dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

ISD 2019 merupakan ajang berbagai kegiatan sains yang didesain dengan konsep mendidik, menginspirasi, dan menghibur masyarakat khususnya generasi muda dalam memajukan sains dan teknologi.

ISD 2019 rencananya akan dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sekaligus meresmikan 2 wahana baru di PP-IPTEK, yakni Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital World. Pembukaan juga akan dihadiri berbagai instansi, perguruan tinggi, sekolah yang ikut serta dalam pameran, maupun instansi lain yang selama ini telah berkontribusi pada pengembangan pendidikan Iptek generasi muda khususnya di galeri PP-IPTEK.

Direktur PP-IPTEK Kemenristekdikti, Syachrial Annas, mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk penerapan fungsi PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dalam mendukung tumbuhnya masyarakat yang inovatif dan sumber pembelajaran Iptek masyarakat, khususnya generasi muda.

Selain itu, lanjut Syachrial, acara yang rencananya menjadi kegiatan rutin tahunan itu juga diharapkan mampu menarik minat pengunjung singgah ke PP-IPTEK. Pasalnya, minat masyarakat terhadap sains masih kurang, terbukti jumlah pengunjung tempat-tempat pengembangan sains masih sedikit.

"Kegiatan ini memang tidak dipungkiri sebagai cara bagaimana menarik orang mau ke sini. Tupoksi ini akan sangat bekerja dengan alat peraga yang sudah ada, ditambah dua wahana baru lagi, yakni Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital World," ujar Syachrial Anas kepada awak media dalam acara konferensi pers di Gedung PP IPTEK, TMII Jakarta, Selasa (23/04).

Senada dengan Syachrial, Ika Mian Karlina, Kepala Sub Divisi Promosi dan Kerjasama PP IPTEK menyebut kegiatan ISD yang kedua ini menampilkan berbagai pameran inovasi dan pendidikan dari Instansi Kementerian dan Non Kementerian, Perguruan Tinggi, dan Sekolah yang bertujuan untuk memperkenalkan hasil karya anak bangsa kepada masyarakat demi meningkatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan.

"Ajang kedua kali ini dikemas dalam entertainment yang selain bertujuan untuk wadah memamerkan lembaga iptek ke sekolah-sekolah, juga dalam rangka menumbuhkan rasa ingin tahu para pelajar," kata Ika Mian.

Peserta pameran ISD 2019 diikuti oleh sebanyak 74 Instansi yang terdiri atas 17 Instansi Kementerian dan Non Kementerian (LPNK) serta komunitas, juga Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang terdiri atas 52 Perguruan Tinggi.

TAGS : PP IPTEK ISD 2019 Cinta Sains




TERPOPULER :