Jum'at, 26/04/2024 10:23 WIB

Kebutuhan Nutrisi Anak Lebih Banyak dari Orang Dewasa

Menuju Indonesia Sehat melalui edukasi akan pentingnya imunisasi lengkap dan asupan nutrisi seimbang untuk membantu tumbuh kembang optimal Si Kecil.

Ikatan Dokter Anak Indonesia dukung tumbuh kembang anak sehat dan optimal melalui pemberian imunisasi dan nutrisi seimbang (Foto: Nestle)

Jakarta, Jurnas.com - Pada umumnya, setelah bayi berusia genap enam bulan, disamping ASI, bayi membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi makronutrien dan mikronutrien untuk tumbuh kembang yang optimal.

UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI, dr. Yoga Devaera, SpA(K) mengatakan dengan asupan nutrisi seimbang bisa memberi perlindungan maksimal untuk si Kecil dari berbagai penyakit sekaligus mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.

"Sebagai contoh, si Kecil memerlukan lima kali lebih banyak nutrisi dan dua kali lebih banyak energi dari orang dewasa. Salah satu kebutuhan nutrisi yang sangat besar yang diperlukan bayi adalah zat besi," ucap dr Yoga di Jakarta, Senin (23/4).

Kebutuhan harian zat besi untuk si Kecil yang berusia 6-12 bulan setara dengan 385 g daging sapi atau 85 g hati ayam. ASI memenuhi 0,3 mg dari 11 mg kebutuhan zat besi bayi.

Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, salah satunya dengan mengombinasikan Makanan Pendamping (MP) ASI rumahan dengan MP-ASI fortifikasi.

Head of Medical and Nutrition Service Department PT. Nestlé Indonesia Dr. dr. Ray Basrowi, MKK mengatakan, Sebagai bagian dari komitmen kami untuk mendukung tumbuh kembang anak Indonesia yang sehat, Nestlé menyediakan produk MP-ASI yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Si Kecil.

Selain itu, pihaknya ikut serta mendukung inisiatif pemerintah untuk menuju Indonesia Sehat melalui edukasi akan pentingnya imunisasi lengkap dan asupan nutrisi seimbang untuk membantu tumbuh kembang optimal Si Kecil.

Melalui program ini, Nestlé Indonesia ingin membantu orang tua di Indonesia dengan memberikan panduan mudah mengenai imunisasi lengkap dan nutrisi seimbang agar para orang tua di Indonesia lebih memahami dan kemudian melengkapi imunisasi dasar dan nutrisi seimbang sesuai jadwal dan kebutuhan yang dianjurkan oleh IDAI untuk mendukung tumbuh kembang anak secara sehat dan optimal.

KEYWORD :

Nutrisi Seimbang Tumbuh Kembang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :