Senin, 26/08/2019 17:21 WIB

UNBK Madrasah Tsanawiyah Tahun Ini Capai 98 Persen

Sebaliknya, jumlah peserta yang masih mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) hanya 18.163 siswa atau 1,83 persen.

Ujian nasional (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa madrasah tsanawiyah (MTs), yang dimulai pada Senin (22/4) mencapai 975.712 siswa atau 98,17 persen. Sebaliknya, jumlah peserta yang masih mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) hanya 18.163 siswa atau 1,83 persen.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama Ahmad Umar mengatakan, capaian 98 persen menunjukkan partisipasi seluruh stakeholder untuk mengupayakan UN berbasis komputer.

Bahkan tidak hanya MTs, Ujian Sekolah Berbasis Nasional di jenjang madrasah ibtidaiyah (MI) pun hampir seluruh provinsi berbasis komputer.

“Sebab infrastruktur dan sistemnya kami siapkan dari pusat secara gratis, baik untuk MI negeri maupun swasta,” terang Umar saat dihubungi Jurnas.com pada Senin (22/4).

Lebih lanjut, Umar menerangkan UNBK MTs digelar pada 22-25 April 2019, dan ujian susulan pada 29-30 April 2019. Adapun mata pelajaran yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Dia berharap dengan penyelenggaraan USBN untuk MI dan UNBK untuk MTs, dapat menjadi media untuk menguji kemampuan akademik peserta didik, juga menguji integritas atau kejujuran.

“Dengan pelaksanaan ujian berbasis komputer akan meningkatkan integritas pelaksanaan ujian,” kata Umar.

Sementara Kasubdit Kurikulum Direktorat KSKK Madrasah Ahmad Hidayatullah menyampaikan kesuksesan madrasah menggunakan IT untuk USBN dan UNBK menjadi inspirasi warga, supaya dapat lebih maksimal memanfaatkan teknologi informatika.

Apalagi dalam rangka menyongsong Revolusi Industri 4.0, sistem layanan berbasis digital dibutuhkan untuk mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat.

“Semoga persiapan yang selama ini dilakukan oleh seluruh stakeholder madrasah, berbuah kesuksesan yang maksimal, baik sukses penyelenggaraan dan sukses dalam capaian prestasi,” ujar Ahmad saat dihubungi dalam kesempatan terpisah.

TAGS : UNBK MTs Ahmad Umar KSKK Madrasah




TERPOPULER :