Senin, 27/05/2019 08:02 WIB

Lima Persiapan Sebelum Anda Memutuskan Hamil

Perencanaan sebelum kehamilan sangatlah penting termasuk pada kesehatan janin dan kesehatan diri sendiri.

Ilustrasi USG Kehamilan

Jurnas.com - Anda pasti sangatlah menginginkan kesehatan pada janin dan diri Anda. Sehingga Anda harus memperhatikan praktik kesehatan yang dapat menjaga tubuh dan janin Anda tetap sehat.

Michelle Collins, CNM, seorang perawat bersertifikasi dan anggota fakultas klinik di Universitas Vanderbilt, Nashville, mengatakan perencanaan sebelum kehamilan sangatlah penting termasuk pada kesehatan janin dan diri.

Berikut lima cara persiapan sebelum dan saat masa kehamilan:

1. konsumsi vitamin setiap hari sebelum kehamilan dan saat kehamilan terjadi

Anda harus memperhatikan kandungan vitamin yang Anda minum, akan lebih baik jika terdapat kandungan asam folat. Asam folat dapat mengurangi risiko cacat lahir terutama pada otak dan tulang belakang janin sebesar 50 dan 70 persen, masalah perut serta cacat pada lengan dan tangan.

2. Pertimbangkan kondisi kesehatan Anda

Anda harus melihat kondisi kesehatan yang sangat membutuhkan pengobatan seperti depresi, diabetes ataupun epilepsi. Misalkan perempuan yang memiliki penyakit diabetes akan berisiko memiliki anak dengan penyakit jantung, stroke dan lain-lain.

3. Berat badan

Anda harus mulai memperhatikan berat badan Anda sekarang ini. Tubuh yang terlalu kurus dan terlalu gendut akan susah hamil atau menurunkan tingkat kesempatan kehamilan.

4. Berhenti merokok sebelum masa kehamilan

Seperti yang sudah diketahui, merokok tidak baik untuk kesehatan. Apalagi untuk kesehatan ibu yang sedang hamil. Merokok juga akan meningkatkan risiko memiliki bayi dengan berat tidak normal, down syndrome dan banyak penyakit lainnya.

5. Diskusi dan konseling dengan penyedia layanan kesehatan Anda

Anda harus melakukan konseling secara teratur sebelum kehamilan. Saat konseling, Anda bisa mengetahui riwayat kesehatan Anda dan pasangan serta keluarga Anda, untuk mencegah terjadinya kelainan genetik sebelum kehamilan.

MS. Reynolds mengatakan, “terkadang, saat perempuan hamil, kelainan genetiknya akan muncul dan nantinya akan terlalu susah menjaga stabilitas kesehatan.”

 

TAGS : Persiapan Hamil Kesehatan Janin




TERPOPULER :