Selasa, 17/09/2019 13:59 WIB

Izin Ekspor Dipermudah, Ekspor Palm Kernel Meningkat di Pangkep

Kementan melepas ekspor palm kernel sebanyak 313 ton atau atau senilai Rp804 juta ke negara Malaysia.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman

Pangkep, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melepas ekspor palm kernel sebanyak 313 ton atau senilai Rp804 juta ke negara Malaysia. Ekspor petani di Masamba, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan itu dilakukan melalui PT. JAS Mulia.

"Pemerintah pusat melalui Kementan bersama pemerintah daerah akan terus mendorong ekspor komoditas pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani," kata Amran saat di sela acara Sinkronisasi dan Apresiasi Program Kementerian Pertanian Tahun 2019, di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (9/4).

Pada 2018, ekspor palm kernel dari Sulawesi Selatan mencapai nilai Rp16,92 miliar, sedangkan pada 2019 hingga triwulan pertama nilai ekspornya Rp10,29 miliar dengan negara tujuan Tiongkok dan Malaysia.

Salah satu staff PT. JAS Mulia, Lili Andriani mengaku ekspor palm kermel meningkat berkat kemudahan dukungan pemerintah dalam hal ini Kementan dalam mengurus izin ekspor.

"Agak lebih mudah, kadang cuma by phone, email atau Whatsapp jadi semuanya lebih mudah," katanya kepada Jurnas.com di sela Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementan tahun 2019 di Lapangan Andi Mappe, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (9/4).

Ia mengungkapkan, selama dua tahun terakhir tujuan ekspor palm kermel masih Malaysia dengan volume 640 ton per bulan. Tahun sebelumnya, 2018 hanya ada empat kali ekspor dengan rata-rata volume 320 ton.

"Dari awal tahun hingga sekarang kita terus melakukan ekspor. Perbulan pun kita bisa melakukan ekspor dua jika tidak ada kendala. Jika ada kontainer bisa sampe dua kali," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa harga sawit yang diboyong dari petani itu bervariasi. "Kita ikut harga pemerintah, kurang lebih sekitar Rp670, kemarin sempet Rp400 sampai petani ngeluh semua, malah pernah di angka 120 di tahun 2018," jelasnya.

Ada banyak kegunaan Palm kernel, di antaranya bisa gunakan untuk membuat sabun, lilin dan perisa coklat. Artinya jika dikelola sendiri, maka keuntungannya bisa berlipat-lipat. "Kita masih terkendala pada mesin," pungkas Hendriani.

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Palm Kermel Kelapa Sawit




TERPOPULER :