Sabtu, 20/04/2019 16:00 WIB

Komisi IV DPR Dukung Program Pengembangan Kelapa di Kalbar

Saat ini Kementan terus melakukan peningkatan produksi kelapa dan sektor perkebunan lain dengan pola hilirisasi.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan melaksanakan kunjungan kerja Reses masa sidang IV tahun 2018-2019 ke wilayah Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (1/4).

Kalimantan Barat, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan melaksanakan kunjungan kerja Reses masa sidang IV tahun 2018-2019 ke wilayah Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (1/4). Dalam kunjunganya, meninjau lokasi budidaya Ikan di wikayah Kabuoaten Kubu Raya dan Gudang Bulog wilayah setempat.

Selain itu, Daniel juga mengunjungi Penanaman Pohon di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), serta melakukan koordinasi terkait perkembangan Kelapa di Pontianak.

"Tiga lokasi ini akan kami dorong perekonomian masyarakatnya karena memiliki potensi yang sangat bagus," ujar Daniel, Kamis (4/4).

Daniel mengatakan, pelaksanaan program ini merupakan implementasi program Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan yang memiliki kebijakan di sektor perkebunan khususnya komoditas padi, kelapa dan karet di wulayah Pontianak.

"Maka itu perlu dilaksanakan rakor (rapat koordinasi) sebagai solusi bagi petani kopra dengan meningkatkan industri hilir atau industri rumah tangga. Lebih-lebih semu produk yang ada bisa di ekspor," katanya.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, menambahkan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan peningkatan produksi kelapa dan sektor perkebunan lain dengan pola hilirisasi.

"Pola ini yang kita nilai akan meningkatkan ekonomi masyarakat secara langsung. Kemudian upaya pengolahan serta peremajaan juga harus dilakukan karena kualitasnya kelapa sudah menurun. Komoditas ini harus memiliki nilai tambah seperti olahan VCO, nata de coco," tandasnya.

Sekedar diketahui, hadir pada kunjungan kerja ini perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemprov Kalbar, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kalbar, Perum Bulog dan PT Pupuk Indonesia.

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Komisi IV Kasdi Subagyono




TERPOPULER :