Selasa, 16/07/2019 12:57 WIB

Pasangan Anda Boros? Jangan Sewot Dulu

Katakan bahwa kebiasaan itu buruk dan justru malah mendatangkan masalah di masa mendatang. Yang perlu diingat, jangan sampai ada yang tersinggung.

Ilustrasi belanja

Jakarta, Jurnas.com - Pasangan Anda boros? Nah ini yang bikin rada-rada sewot dan malah bisa jadi berantakan perjalanan rumah tangga. Apalagi yang dibelanjakan bukan barang kebutuhan sehari-hari atau yang kerap dipakai. Tak ayal bikin uang belanja kerap habis.

Begini beberapa cara yang mesti Anda lakukan agar pemborosan tidak terus terjadi.

#Diskusi
Ajaklah diskusi serius. Beberkan soal kondisi keuangan dan pemborosan yang dilakukan sudah melebihi kewajaran. Tekankan bahwa banyak keperluan lainnya ketimbang ambis pemborosan.

Katakan bahwa kebiasaan itu buruk dan justru malah mendatangkan masalah di masa mendatang. Yang perlu diingat, jangan sampai ada yang tersinggung.

#Catatan Keuangan
Cara ini memang jarang dilakukan. Namun alangkah baiknya dijelaskan pentingnya membuat catatan belanja. Sehingga rencana kebutuhan bisa terkontrol.

Berusahalah untuk bisa saling membantu membuat rincian, mulai dari hal yang paling kecil hingga besar.  Misalnya, uang makan, uang bensin atau ongkos untuk ke kantor, uang belanja keperluan rumah tangga, sampai uang untuk kebutuhan penting lainnya.

#Kesepakatan
Jika sudah saling memahami untuk membatasi pemborosan anggaran, maka perlu dibuatkan kesepakatan bersama. Misalnya masing-masing akan mengontrol dan mengingatkan rencana anggaran mingguan atau bulanan. Atau juga kesepakatan rencana kerja harus didiskusikan terlebih dahulu.

TAGS : Tips Hidup Pasangan Boros Kasus Rumah Tangga




TERPOPULER :