Kamis, 03/12/2020 11:19 WIB

Siswa Madrasah Diimbau Hindari Kecurangan saat UNBK

Ahmad Umar menyebut madrasah sudah lebih siap menyambut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini

Siswa-siswi madrasah (Foto: Aceh News)

Denpasar, Jurnas.com – Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama Ahmad Umar menyebut madrasah sudah lebih siap menyambut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini, yang akan digelar pada April mendatang.

Karena itu, Umar meminta para siswa madrasah untuk mengerjakan ujian tersebut secara jujur, teliti, dan sungguh-sungguh.

“Insya Allah kesiapan penyelenggaraa UNBK lebih siap tahun ini dari tahun sebelumnya. Untuk para peserta UNBK, hidari perilaku yang kurang terpuji. UNBK Insya Allah secara tak langsung mengajak siswa berperilaku jujur,” kata pada Rabu (27/3) kepada Jurnas.com.

Umar menjelaskan, UNBK bukan sekadar formalitas kendati sudah tidak lagi menentukan kelulusan. Namun tetap saja bertujuan menguji integritas generasi muda, dan mengukur mutu pembelajaran di madrasah.

“Meskipun UN tidak menjadi syarat kelulusan, tapi saya minta sungguh-sungguh dalam mengerjakan UN. Karena UNBK maka harus teliti, karena tidak bisa diulang-ulang,” ujar dia.

Diketahui, madrasah aliyah (MA) akan digelar pada 1, 2, 4, dan 8 April 2018. Setelahnya diikuti oleh madrasah tsanawiyah (MTs) pada 22-25 April 2019.

Adapun ujian susulan MA diselenggarakan pada 15-16 April 2019, dan UNBK susulan MTs pada 29-30 April 2019.

TAGS : Ujian Nasional UNBK Madrasah Ahmad Umar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :