Senin, 23/09/2019 11:46 WIB

Kementan Salurkan Lima Ribu Bibit Kelapa Unggul di Karawang

Kasdi berharap dengan bantuan bibit unggul itu dalam tiga atau empat tahun ke depan mampu meningkatkan produktivitas dua kali lipat para petani kelapa khususnya di Karawang.

Direktur Jenderal Perkebunan, Menteri Pertanian (Mentan), Kasdi Subagyono di selas Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian Tahun 2019, di Lapangan Bola Desa Pacing, Kecematan Jatisari, Kabupaten Karawang, Selasa (26/3).

Karawang, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman melanjutkan kunjungan kerja ke Jawa Barat dalam acara Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian Tahun 2019.

Acara kali ini berlangsung di Lapangan Bola Desa Pacing, Kecematan Jatisari, Kabupaten Karawang, Selasa (26/3).

Direktur Jenderal Perkebunan, Kementan, Kasdi Subagyono, di sela acara tersebut, mengatakan, agenda Pak Menteri (Andi Amran Sulaiman) untuk menyerahkan bantuan dalam rangka percepatan produksi dan juga hilirisasi.

"Nah kita tahu semua, kita berada di hamparan sawah yang mulai menguning. Tentu alat mesin pertanian (alsintan) menjadi sangat penting," jelas Kasdi kepada Jurnas.com.

Ada banyak bantuan yang akan diserahkan Kementerian Pertanian (Kementan) kepada warga Karawang. Salah satu di antaranya adalah bibit kelapa unggul lokal sebanyak lima ribu batang dengan produksi 2,5 ton per hektare.

"Ada bantuan bibit kelapa unggul lokal dengan produksi dua setengah ton (setara kopra) perhektare, yang biasanya ada di masyarakat hanya satu ton," papar Kasdi.

Kasdi berharap dengan bantuan bibit unggul itu dalam tiga atau empat tahun ke depan mampu meningkatkan produktivitas dua kali lipat para petani kelapa khususnya di Karawang.

Bukan hanya itu, Kementan juga mendorong hilirisasi kelapa yang selama ini belum terjamah dengan baik. Kasdi mengatakan, kelapa kalau hanya dijual dalam bentuk kopra pendapatannya tidak seberapa.

"Tetap meningkat cuman kalau itu diolah menjadi minyak dan berbagai olahan tentu pendapatannya akan jauh lebih meningkat," ujar Kasdi.

Begitu pun produk-prouduk turunannya yang disebut mampu meningkatkan pendapatan petani. "Misalnya sabuk kelapa bisa digunakan berbagai hal, seperti sapu dan tempurunngya bisa dijadikan arang aktif yang memiliki potensi ekspornya besar," ungkap Kasdi.

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Bantuan Kementan Karawang




TERPOPULER :