Selasa, 25/06/2019 01:02 WIB

Lima Alasan Kenapa Buah Tak Bikin Gemuk

Meskipun gula juga terkandung dalam buah, nyatanya buah-buahan tidak akan membuat seseorang menjadi obesitas.

Buah-buahan (Foto: thestar)

Jurnas.com - Gula telah menjadi senyawa yang kini banyak dihindari. Pasalnya, tak diragukan lagi, gula memberikan efek kesehatan yang buruk. Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas.

Oleh sebab itu, kita semakin selektif dalam memilih makanan, terutama yang mengandung gula. Namun, meskipun gula juga terkandung dalam buah, nyatanya buah-buahan tidak akan membuat seseorang menjadi obesitas.

Berikut lima alasan mengapa buah-buahan tidak membuat gemuk, seperti dilansir dalam situs ABC News:

1. Pemakan buah miliki berat badan ideal

Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi lebih banyak buah-buahan memiliki berat badan yang lebih ideal ketimbang orang yang mengonsumsi buah lebih sedikit, bahkan juga lebih ideal ketimbang pemakan sayuran. Para ilmuwan tidak yakin mengapa, mereka mengklaim bahwa buah lebih mampu mengganti makanan berkalori lainnya.

2. Kaya serat dan air

Tingginya serat dan air dalam buah membuat gula kurang terkonsentrasi. Ini tidak seperti makanan manis lainnya. Gula dalam buah-buahan juga dilindungi dengan zat pelindung yang berharga. Dalam buah mangga misalnya, kandungannya mampu mencegah atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Buah memiliki antioksidan mengagumkan

Tidak seperti sayuran yang umumnya memiliki vitamin dan mineral yang mirip di tiap jenisnya, buah-buahan memiliki vitamin dan mineral yang unik di tiap-tiap jenisnya. Keragaman zat ini memberikan kekuatan antioksidan yang begitu mengagumkan.

4. Buah memiliki manfaat kecantikan

Masih terkait dalam antioksidan yang terdapat dalam buah. Antioksidan ini memiliki manfaat lebih. Selain memengaruhi pigmen kulit, buah juga meningkatkan sirkulasi peredaran darah ke permukaan kulit. Antioksidan juga menangkis senyawa yang merusak kulit dari luar ke dalam, termasuk senyawa radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari, polusi, dan asap rokok.

5. Buah menyediakan energi meningkatkan ketahanan

Mengonsumsi buah sebelum berolahraga atau melakukan kegiatan fisik lainnya merupakan cara yang bagus untuk menyiapkan bahan bakar. Sebuah studi menemukan, mengonsumsi pisang sebelum berolahraga akan memicu produksi dopamin yang akan meningkatkan stamina.

TAGS : Manfaat Buah Tidak Gemuk




TERPOPULER :