Sabtu, 20/04/2024 16:26 WIB

Malaysia Ancam Bokiot Jet UE

Malaysia adalah produsen minyak kelapa sawit terbesar kedua setelah Indonesia, dan baru-baru ini mengancam akan menentang rencana blok tersebut untuk menghentikan penggunaan biofuel di Organisasi Perdagangan Dunia.

Ilustrasi kelapa sawit (foto: CGTN)

Jakarta, Jurnas.com - Malaysia mungkin membalas terhadap rencana Uni Eropa untuk mengekang penggunaan minyak sawit dengan membeli jet tempur baru dari China dan bukan perusahaan senjata Eropa.

Malaysia adalah produsen minyak kelapa sawit terbesar kedua setelah Indonesia, dan baru-baru ini mengancam akan menentang rencana blok tersebut untuk menghentikan penggunaan biofuel di Organisasi Perdagangan Dunia.

Baik Malaysia dan Indonesia telah berselisih dengan anggota parlemen Uni Eropa atas budidaya tanaman tersebut, yang telah menyebabkan deforestasi yang merajalela dan perusakan satwa liar.

Dalam pernyataannya yang paling kuat tentang pembatasan yang diusulkan, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan negaranya dapat mencari tempat lain untuk meningkatkan armada angkatan udara Rusia dari pesawat tempur Mig-29 Rusia yang pada dasarnya meninggalkan rencana untuk membeli jet Rafale Prancis atau Topan Eurofighter.

"Jika mereka terus mengambil tindakan terhadap kami, kami akan berpikir untuk membeli pesawat terbang dari China atau negara lain," katanya dilansir CGTN.

Tetapi perdana menteri mengatakan dia tidak menyatakan perang terhadap UE karena negaranya membutuhkan barang-barang dari blok itu, banyak anggota yang termasuk di antara mitra dagang utama Malaysia.

Pernyataan Mahathir datang menjelang pameran pertahanan internasional lima hari yang dimulai Senin di pulau resor Langkawi, tempat perwakilan produsen senjata global berkumpul.

Setiap pembatasan minyak sawit Uni Eropa dapat secara serius melukai petani yang mewakili basis pemilih penting di Malaysia dan Indonesia. Kedua negara berjuang untuk memacu permintaan minyak kelapa sawit, yang digunakan dalam segala hal mulai dari sabun hingga cokelat.

Anggota parlemen Prancis baru-baru ini memilih untuk menghapus minyak kelapa sawit dari skema biofuel negara itu mulai dari tahun depan.

KEYWORD :

Kelapa Sawit Jet UE Malaysia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :