Selasa, 24/09/2019 15:40 WIB

Menteri Pertanian Ajak Para Petani Bersatu

Menurut Amran, jika petani mampu bersatu maka selain produktivitas meningkat, pendapatan yang dihasilkan akan lebih besar. Pasalnya, jangkauan petani akan lebih luas ketika mampu membuat kelompok bersama.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman bersama salah satu petani Bandung Barat yang pernah mendapat penghargaan internasional atas tanaman yang dikembangkan, Bandung Barat, Kamis (21/03)

Bandung Barat, Jurnas.com - Berbicara di hadapan ribuan petani dalam acara Hari Krida Nasional (HKN) di area komplek pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/3), Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak para petani untuk bersatu dan bahu membahu meningkatkan produksi.

Menurut Amran, jika petani mampu bersatu maka selain produktivitas meningkat, pendapatan yang dihasilkan akan lebih besar. Pasalnya, jangkauan petani akan lebih luas ketika mampu membuat kelompok bersama.

"Jadi petani ini harus bersatu biar kuat agar bahu membahu meningkatkan produksi. Nah petani ini biasa gotong royong ya bagus dia berkelompok, kita membentuk kelompok tani Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani)," kata Amran

"Kita membangun koperasi dikorporasikan. Itulah namanya bersatu karena skala menjadi jauh lebih besar," tambahnya.

Amran mengungkapkan produk di Kabupaten Bandung Barat banyak yang telah ekspor. Salah satunya sayuran yanh telah ke Singapura. Oleh karena itu, ia mengajak kepada para petani Bandung Barat yang ingin mendapatkan bantuan agar bersatu.

Dalam kesempatan itu, Amran menyebutkan bantuan dari pemerintah pusat ke Jawa Barat sejak 2014 hingga saat ini mencapai Rp 30 triliun dari dana desa dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bandung Barat. Kemudian, alat mesin pertanian di seluruh Jawa barat mencapai 26 ribu lebih. Dengan nilai mencapai Rp 500 miliar.

"Khusus Bandung Barat bantuan total empat tahun lebih mencapai total Rp 1.3 triliun. Bibit kopi kita bagikan 200 ribu batang, kita membagikan ayam 200 ribu ekor agar masyarakat semakin produktif," tuturnya.

Senada dengan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna saat memberikan sambutan juga mengajak para petani untuk bersatu. Ia pun berharap petani Kabupaten Bandung Barat menjadi nomor satu.

"Bersatu teh kudu (harus) ngahiji (bersatu). Siap ngahiji?" tanya Umbara yang dijawab ara petani "Siap."

"Yang juara mah, juara nomer berapa? Petani satu," tambahnya

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Petani Bersatu Bandung Barat




TERPOPULER :