Selasa, 16/04/2024 16:17 WIB

Jago Storytelling, Siswa MAN 1 Karanganyar Terbang ke AS

Siswa kelahiran 2 Januari 2002 itu mendapatkan kesempatan ke Negeri Paman Sam, karena memiliki bakat bercerita (storytelling).

Spartan

Jakarta, Jurnas.com - Spartan, siswa MAN 1 Karanganyar akan dikirim ke Amerika selama setahun untuk mengikuti program YES (Yourt Exchange and Study). Siswa kelahiran 2 Januari 2002 itu mendapatkan kesempatan ke Negeri Paman Sam, karena memiliki bakat bercerita (storytelling).

“Ia mempunyai kemampuan unik, yakni bercerita (storytelling). Ia juga pernah menyabet juara 1 Storytelling TK/Pelajar di IAIN Surakarta 2018,” tutur Kepala MAN 1 Karanganyar Lanjar Utami, pada Selasa (19/3).

Spartan termasuk siswa berbakat di bidang bahasa. Ketika mengikuti pergelaran Mentara Cultural Art yang digelar oleh OSIS MAN 1 Karanganyar, siswa yang duduk di kelas XI IPS MAN 1 Karanganyar itu mampu menyanyikan lagu dengan 10 bahasa, di antaranya Inggris, Jepang, dan German.

“Karena kemampuannya berbicara dengan baik dan kemampuan bahasa Inggrisnya, ia terpilih sebagai salah satu peserta Program Pertukaran Pelajar, AFS Intercultural Program yang dinamai dengan YES,” tutur Lanjar Utami

Spartan terpilih melalui serentetan seleksi. Ia salah satu dari 80 pelajar di Indonesia yang akan mengikuti program ini selama kurang lebih setahun.

Lanjar Utami mengungkapkan, saat ini ia sedang mempersiapkan keberangkatannya ke Amerika mulai dari cek kesehatan, passport, visa, dan urusan administrasi lainnya. Semua biaya ditanggung oleh US Departement of State.

Spartan dijadwalkan berangkan ke Amerika pada 5 Agustus mendatang, dan pulang ke Indonesia pada Juni 2020.

Selain berbakat di bidang bahasa, Spartan rupanya aktif sebagai atlet Taekwondo. Putra dari pasangan Sigit Purwanto dan Rini Puji Astuti ini pernah meraih sejumlah kejuaraan di bidang Taekwondo tingkat nasional.

Lanjar mengisahkan, Spartan pernah meraih juara ketiga kejuaraan nasional PPLP Taekwondo pada 2018 di Lombok NTB.

KEYWORD :

Siswa Berprestasi MAN 1 Karanganyar Bakat Storytelling




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :