Minggu, 22/09/2019 14:45 WIB

Peristiwa Sejarah 14 Maret

Tanggal 14 Maret yang jatuh pada hari ke-73 (hari ke-74 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah

Pada 14 Maret 1950, daftar

Jakarta, Jurnas.com - Tanggal 14 Maret yang jatuh pada hari ke-73 (hari ke-74 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, Ratu Siprus, Catherine Cornaro, menjual kerajaannya kepada Venesia pada 1489 silam.

Berikut peristiwa sejarah 14 Maret:

44 SM - Casca dan Cassius memutuskan, pada malam sebelum Pembunuhan Julius Caesar, Markus Antonius harus tetap hidup.

313 - Kaisar Jin Huidi dieksekusi oleh Liu Cong, penguasa negara Xiongnu (Han Zhao).

1381 - Chioggia merampungkan aliansi dengan Zadar dan Trogir melawan Venesia, yang berubah pada 1412 di Šibenik.

1489 - Ratu Siprus, Catherine Cornaro, menjual kerajaannya kepada Venesia.

1590 - Pertempuran Ivry: Henry dari Navarre dan kaum Huguenot mengalahkan pasukan Liga Katolik di bawah Charles, Adipati Mayenne selama Perang Agama Prancis.

1647 - Perang Tigapuluh Tahun: Bavaria, Cologne, Prancis dan Swedia menandatangani Gencatan Senjata Ulm.

1757 - Laksamana Sir John Byng dieksekusi oleh regu tembak di atas kapal HMS Monarch untuk pelanggaran Undang-Undang Perang (Articles of War).

1780 - Perang Kemerdekaan Amerika: Pasukan Spanyol merebut Fort Charlotte di Mobile, Alabama, post perbatasan terakhir Inggris yang mampu mengancam New Orleans di Louisiana Spanyol.

1782 - Pertempuran Wuchale: Kaisar Ethiopia Tekle Giyorgis I menaklukkan kelompok Oromo dekat Wuchale.

1794 - Eli Whitney memperoleh paten untuk alat pemintal kapas.

1862 - Perang Banjar: Pangeran Antasari ditabalkan oleh para kepala suku Dayak sebagai pemimpin agama dengan gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin dalam rangkaian perjuangan melawan Belanda.

1933 - Dibentuknya tim sepak bola bernama Persib Bandung sebagai alat perjuangan di bidang olahraga untuk menyaingi hegemoni organisasi/klub bentukan Belanda.

1951 - Perang Korea: Untuk kedua kalinya, tentara PBB menduduki kembali Seoul.

1973 - Pilot Angkatan Laut John McCain - calon senator AS dari Arizona - dan 107 tahanan perang Amerika lainnya dibebaskan oleh Vietnam Utara. Dia menghabiskan lebih dari lima tahun di kamp penjara setelah pesawatnya ditembak jatuh.

1991 - Para ilmuwan melaporkan penemuan gen yang memicu kanker usus besar.

1991 - Dengan mengutip bukti baru, pengadilan banding Inggris membatalkan putusan yang disebut Birmingham Six, yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena pemboman dua pub pada tahun 1974, serangan paling berdarah oleh Tentara Republik Irlandia di daratan Inggris. Keyakinan palsu dari keenam pria itu, yang dibebaskan, terlihat sebagai salah satu keguguran keadilan terburuk dalam sejarah Inggris modern.

2004 - Vladimir Putin dengan mudah memenangkan pemilihan ulang sebagai presiden Rusia . Ia memenangkan masa jabatan ketiga pada 2012.

2009 - Nasrudin Zulkarnaen, direktur PT Putera Rajawali Banjaran (salah satu BUMN), ditembak di Puri Golf, Bogor. Sehari kemudian, Nasrudin meninggal. Berdasarkan hasil penyelidikan, pembunuhan tersebut diotaki oleh mantan Ketua KPK, Antasari Azhar.

2009 - Pihak berwenang Australia mengatakan tumpahan minyak seberat 230 ton dari kapal barang yang terdaftar di Hong Kong menyebabkan bencana lingkungan di sepanjang hampir 40 mil dari pantai di lepas pantai Queensland.

2012 - Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag, Belanda, dalam putusan pertamanya sebagai pengadilan kejahatan perang permanen, mendapati panglima perang Kongo Thomas Lubanga bersalah karena menggunakan anak-anak dalam perang .

2013 - Xi Jinping memulai masa 10 tahun sebagai presiden Cina.

2018 - Finlandia menduduki peringkat tempat paling bahagia di dunia untuk hidup dan Burundi yang paling tidak bahagia, kata Laporan Kebahagiaan Dunia PBB .

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Maret




TERPOPULER :