Senin, 23/09/2019 23:01 WIB

Peristiwa Sejarah 13 Maret

Tanggal 13 Maret yang jatuh pada hari ke-72 (hari ke-73 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah

Pada 13 Maret 1980, seorang juri Chicago menghukum mati John Wayne Gacy atas pembunuhan 33 pemuda dan pemudi. Dia meninggal karena suntikan mematikan 10 Mei 1994.

Jurnas.com - Tanggal 13 Maret yang jatuh pada hari ke-72 (hari ke-73 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, William Herschel menemukan planet Uranus pada 1781 silam.

Berikut peristiwa sejarah 13 Maret:

624 - Perang Badar: pertempuran kunci antara pasukan Muslim pimpinan Muhammad melawan suku Quraisy dari Mekkah. Pasukan Muslim meraih kemenangan yang menjadi titik balik kemenangan Islam, yang terjadi di wilayah Hijaz, Jazirah Arab bagian barat.

1591 - Pertempuran Tondibi: Di Mali, pasukan Dinasti Saadi dari Maroko pimpinan Judar Pasha, yang kalah dalam jumlah 1 banding 5, mengalahkan pasukan Kekaisaran Songhai.

1639 - New College di Cambridge, Massachusetts dinamakan kembali sebagai Harvard College.

1697 - Nojpetén, ibu kota kerajaan Maya terakhir yang masih merdeka, jatuh ke tangan Conquistador, tahap akhir penaklukan Spanyol atas Guatemala.

1781 - William Herschel menemukan planet Uranus.

1809 - Gustav IV Adolf dari Swedia diturunkan dari tahta dalam sebuah kudeta.

1862 - Perang Saudara Amerika: Pemerintah federal Amerika Serikat melarang seluruh perwira pasukan Union dari mengembalikan budak yang buron, yang secara efektif membatalkan Undang-Undang Budak Buron tahun 1850 (Fugitive Slave Act of 1850) dan memulai tahapan Proklamasi Emansipasi (Emancipation Proclamation).

1865 - Perang Saudara Amerika: Pihak Konfederasi menyetujui penggunaan tentara Afrika-Amerika.

1881 - Tsar Alexander II dari Rusia terbunuh di dekat istananya akibat serangan bom. (menurut kalender Gregorian: karena Rusia saat itu masih menggunakan kalender Julian yang menunjukkan tanggal 1 Maret.).

1884 - Pengepungan Khartoum, Sudan dimulai, dan baru berakhir 26 Januari 1885.

1897 - San Diego State University didirikan.

1900 - Perang Boer Kedua: pasukan Inggris merebut Bloemfontein, Orange Free State.

1920 - Kudeta Kapp Putsch secara singkat berhasil menggusur pemerintah Republik Weimar dari Berlin, namun hanya bertahan beberapa hari saja akibat aksi demonstrasi rakyat Jerman yang menentangnya.

1921 - Mongolia diproklamirkan sebagai kerajaan merdeka oleh seorang panglima militer Rusia penentang Bolshevik, Roman von Ungern-Sternberg, yang hanya bertahan beberapa bulan.

1930 - Berita penemuan Pluto dikirim dengan telegraf ke Harvard College Observatory.

1933 - Depresi Besar: Bank-bank di Amerika Serikat mulai buka kembali sesuai mandat Presiden AS Franklin D. Roosevelt tentang "bank holiday".

1938 - World News Roundup ditayangkan perdana di CBS Radio di Amerika Serikat.

1940 - Perang Musim Dingin antara Rusia dan Finlandia berakhir.

1943 - Perang Dunia II: Holocaust- pasukan Nazi Jerman melikuidasi ghetto Yahudi di Kraków, Polandia.

1954 - Perang Indochina Pertama: Pasukan Viet Minh dipimpin Võ Nguyên Giáp melancarkan serangan artileri besar-besaran terhadap pasukan Prancis dalam Pertempuran Điện Biên Phủ, pertempuran puncak selama perang tersebut.

1957 - Mahasiswa revolusioner Kuba menyerbu istana kepresidenan di Havana dalam sebuah kudeta yang gagal terhadap Presiden Fulgencio Batista.

1962 - Lyman Lemnitzer, Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, mengajukan proposal Operation Northwoods, tentang serangan teroris di Pangkalan Angkatan Laut AS di Guantanamo, kepada Menteri Pertahanan AS Robert McNamara. Proposal tersebut ditolak mentah dan Presiden John F. Kennedy mencopot Lemnitzer dari jabatannya.

1969 - Program Apollo: Apollo 9 kembali dengan selamat ke Bumi setelah menguji Modul Bulan (Lunar Module).

1979 - Gerakan Permata Baru (New Jewel Movement), dipimpin oleh Maurice Bishop, menyingkirkan Perdana Menteri Eric Gairy dalam kudeta nyaris tak berdarah di Grenada.

1984 - Jaksa Agung RI melarang kepercayaan "Children of God".

1985 - Kerusuhan Kenilworth Road pecah dalam pertandingan sepak bola di Stadion Kenilworth Road di Luton, Inggris dengan kerusuhan terjadi sebelum, selama dan setelah pertandingan putaran ke-6 FA Cup antara Luton Town F.C. dan Millwall F.C.

1988 - Terowongan Seikan, terowongan bawah laut terpanjang di dunia, dibuka menghubungkan Aomori dan Hakodate, Jepang.

1991 - Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa Exxon bersedia membayar US$ 1 milyar untuk membersihkan tumpahan minyak kapal tanker Exxon Valdez di Alaska.

1992 - Gempa bumi berkekuatan 6.7 Mw mengguncang Erzincan, Turki timur dengan intensitas Mercalli VIII (Severe). Sedikitnya 498 orang tewas dalam gempa tektonik di Patahan Anatolia Utara.

1996 - Pembantaian di sekolah di Dunblane, Skotlandia, 16 siswa SD dan 1 orang guru ditembak mati secara membabi buta oleh Thomas Watt Hamilton yang kemudian bunuh diri.

1997 - Misionaris Charitas di India memilih Suster Nirmala Joshi untuk menggantikan Bunda Teresa sebagai pimpinan.

1997 - Cahaya Phoenix, penampakan UFO, terlihat di atas Phoenix, Arizona oleh ratusan orang, dan ditonton jutaan orang lainnya di televisi.

2003 - Evolusi manusia: Jurnal Nature melaporkan penemuan jejak kaki manusia berjalan tegak ke depan yang berusia 350.000 tahun di Italia.

2008 - Harga emas di bursa New York Mercantile Exchange menembus US1,000 per ounce untuk pertama kalinya.

2011 - Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet berusia 75 tahun, secara resmi mengajukan pengunduran dirinya sebagai pemimpin politik Tibet, jabatan yang dipegangnya sejak berusia 18 tahun, ke Parlemen Tibet di pengasingan.

2013 - Kardinal Jorge Mario Bergoglio dari Argentina terpilih sebagai Paus dalam Konklaf Kepausan 2013 dan memilih nama regnal Paus Fransiskus.

2013 - Xi Jinping terpilih menjadi presiden baru China, menggantikan Hu Jintao, setelah sebuah pemungutan suara dalam pertemuan parlemen di Beijing.

2018 - Presiden Donald Trump mengumumkan perombakan besar-besaran di kabinetnya, menggantikan Sekretaris Negara Rex Tillerson dengan Direktur CIA Mike Pompeo.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Maret




TERPOPULER :