Sabtu, 24/08/2019 07:17 WIB

Kenali Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut pada Anak

Virus HMFD menginfeksi manusia dari semua kelompok umur tapi gejala dan klinis yang jelas umumnya pada bayi dan anak di bawah usia 10 tahun.

Virus HFMD salah satunya menyerang kaki anak (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, Jurnas.com - Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut (Hand, Foot and Mouth Disease) atau kerap disebut HFMD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sering terjadi pada bayi dan anak umumnya dibawah usia 10 tahun.

HFMD ditandai dengan gejala khas timbulnya lesi/ruam kulit di daerah kaki, tangan dan sekitar mulut, termasuk sariawan pada daerah mulut (lidah,bibir dan jaringan lunak mulut).

Dokter Spesialis Anak Dr. Robert Soetandio, Sp.A menjelaskan bahwa yang menonjol dari penyakit ini bukan gejala flunya tapi kelainan kulit dan mulutnya itu.

Apa virus penyebabnya?

Virus penyebabnya termasuk dalam kelompok Enterovirus, yang paling sering adalah Coxsackievirus A 16 dan Enterovirus 71.

“Virus hidup dalam saluran cerna manusia. Virus ini berbeda dengan virus yang menginfeksi hewan ternak yang menyebabkan penyakit kaki (kuku) dan mulut spt domba, kambing maupun babi. Virus pada hewan tidak dapat menjangkiti manusia, demikian pula sebaliknya,” ujar dokter Rumah Sakit Awal Bros Tangerang ini.

Virus HMFD ini menginfeksi manusia dari semua kelompok umur tapi gejala dan klinis yang jelas umumnya pada bayi dan anak dibawah usia 10 tahun, orang yang lebih tua bisa saja terinfeksi tapi gejalanya ringan atau tanpa gejala (asimtomatik). Masa inkubasi dari mulai seorang terinfeksi sampai timbul gejala/tanda sakit berkisar 3-7 hari.

Bagaimana gejala dan tanda penyakit ini?

Bermula dengan keluhan demam, nafsu makan berkurang, tampak lemas/lemah (malaise) dan adakalanya anak mengeluh sakit tenggorokan. 1-2 hari kemudian, timbul bintik-bintik merah kecil seperti melepuh pada mulut (Herpangina), biasa dikenal dengan sariawan.

Selanjutnya dalam 1-2 hari timbul ruam di kulit berupa bintik-bintik kemerahan di daerah sekitar tangan dan kaki termasuk pada daerah telapak tangan dan kaki, ruam ada yang datar ada yang menonjol seperti melepuh dan adakalanya sampai timbul lecet.

Selain pada kaki dan tangan dapat juga timbul ruam di lutut, siku, bokong maupun daerah genital (kelamin).

“Sebagian anak yang terjangkit virus tidak selalu menunjukkan semua gejala tadi, bisa saja hanya ditemui sariawan dan ruam kulit yang ringan. Karena luka sariawan di mulut yang menyakitkan, anak bisa saja tidak mendapat masukan cairan yang cukup sehingga anak dapat dijumpai dalam keadaan dehidrasi,” terangnya.

Gejala sakit akan menghilang dalam waktu sekitar 7 hari, sayangnya setelah gejala penyakit hilang, beberapa minggu virus masih ada di dalam tubuh penderita dan masih memungkinkan penularan melalui tinja. Tapi penularan yang utama terjadi pada 1 minggu pertama sakit.

TAGS : Virus HFMD Kaki Anak Infeksi Virus




TERPOPULER :