Selasa, 21/05/2019 21:32 WIB

Peristiwa Sejarah 09 Maret

Tanggal 09 Maret yang jatuh pada hari ke-68 (hari ke-69 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah

Pada 9 Maret 1945, lebih dari 300 pembom B-29 Amerika menyerang Tokyo dengan bom pembakar, menewaskan sekitar 100.000 orang dan menghancurkan sekitar 250.000 bangunan lebih dari 16 mil persegi. File Foto oleh Ishikawa Kōyō / Wikimedia

Jurnas.com - Tanggal 09 Maret yang jatuh pada hari ke-68 (hari ke-69 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, Football Club Internazionale Milano (Inter Milan) berdiri pada 1908.

Berikut peristiwa sejarah 09 Maret:

141 SM -Liu Che, secara anumerta dikenal sebagai Kaisar Wu dari Han, melanjutkan tahta Dinasti Han di China.

1009 - Catatan pertama penyebutan nama Lithuania dalam catatan sejarah biara Quedlinburg.

1230 - Tsar Ivan Asen II dari Bulgaria mengalahkan Theodore dari Epirus dalam pertempuran Klokotnitsa.

1276 - Augsburg menjadi kota kerajaan bebas.

1500 - Armada pimpinan Pedro Álvares Cabral meninggalkan Lisabon menuju Hindia. Mereka kemudian menemukan Brazil yang terhampar di dalam batas-batas wilayah yang diberikan kepada Portugal dalam Perjanjian Tordesillas.

1566 - David Rizzio, sekretaris pribadi Mary, Ratu Skotlandia, dibunuh di Istana Holyroodhouse, Edinburgh, Skotlandia.

1765 - Setelah kampanye oleh penulis Voltaire, hakim di Paris secara anumerta membebaskan Jean Calas dari dakwaan membunuh anaknya. Calas telah disiksa dan dieksekusi pada tahun 1762, meskipun anaknya mungkin sebenarnya bunuh diri.

1796 - Napoléon Bonaparte menikahi istri pertamanya, Joséphine de Beauharnais.

1811 - Pasukan Paraguay mengalahkan Manuel Belgrano dala Pertempuran Tacuarí.

1831 - Legiun Asing Prancis dibentuk oleh Raja Prancis Louis Philippe I untuk mendukung perangnya di Aljazair.

1841 - Mahkamah Agung Amerika Serikat memtuskan dalam kasus Amerika Serikat vs The Amistad bahwa tawanan Afrika yang telah membajak kapal The Amistad telah diangkut untuk perbudakan secara ilegal.

1842 - Penemuan emas yang pertama dicatat di California terjadi di Rancho San Francisco, 6 tahun sebelum Demam Emas California.

1847 - Perang Meksiko–Amerika: Serangan amfibi berskala besar pertama dalam sejarah Amerika Serikat dilancarkan dalam Pengepungan Veracruz.

1862 - Perang Saudara Amerika: USS Monitor dari pihak Union dan CSS Virginia dari pihak Konfederasi bertempur dalam Pertempuran Hampton Roads, pertempuran pertama antara kedua kapal perang berlapis baja tersebut.

1896 - Perdana Menteri Italia Francesco Crispi mundur selepas kekalahan Italia dalam Pertempuran Adwa.

1908 - Football Club Internazionale Milano (Inter Milan) berdiri.

1916 - Revolusi Meksiko: Pancho Villa memimpin hampir 500 perampok Meksiko menyerang kota perbatasan Columbus, New Mexico.

1925 - Perang Pink: Operasi serangan udara Royal Air Force dipimpin Wing Commander Richard Pink yang dilancarkan secara mandiri dari British Army atau Royal Navy terhadap pertahanan suku Mahsud di Waziristan Selatan (sekarang bagian dari Pakistan).

1933 - Depresi Besar: Presiden AS Franklin D. Roosevelt mengajukan Undang-undang Perbankan Darurat (Emergency Banking Act) kepada Kongres, bagian pertama dari kebijakan New Deal.

1942 - Perang Dunia II: Pemerintah kolonial Hindia Belanda, diwakili Panglima KNIL Letnan Jenderal Hein Ter Poorten, menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati, Subang, Jawa Barat.

1945 - Perang Dunia II: Pemboman malam pertama di atas Tokyo menghasilkan kerusakan yang sebanding dengan dampak bom Hiroshima 5 bulan kemudian.

1945 - Perang Dunia II: Kudeta militer oleh pasukan Jepang di Indochina Prancis untuk menggusur pemerintahan kolonial Prancis Vichy.

1946 - Bencana stadium Bolton Wanderers di Burnden Park, Bolton, Inggris, menewaskan 33 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

1954 - McCarthyisme: Stasiun televisi CBS menayangkan episode See It Now, "A Report on Senator Joseph McCarthy", diproduseri oleh Fred Friendly.

1956 - Tentara Uni Soviet menekan demonstrasi massa di Republik Georgia, yang merupakan reaksi atas kebijakan de-Stalinisasi oleh Nikita Khrushchev.

1957 - Gempa bumi berkekuatan 8.3 Skala Richter di Kepulauan Andreanof, Alaska memicu gelombang tsunami di Samudra Pasifik yang menimbulkan kerusakan yang luas di Hawaii dan Oahu.

1959 - Boneka terlaris di dunia, Barbie, dijual pertama kali dalam Pameran Mainan Internasional di New York City.

1960 - Dr. Belding Hibbard Scribner pertama kalinya mengimplan langsiran yang ia ciptakan ke seorang pasien, yang memungkinkan pasien menerima hemodialisis secara rutin.

1961 - Sputnik 9 berhasil diluncurkan, membawa boneka manusia yang dijuluki Ivan Ivanovich, danunjukkan bahwa Uni Soviet siap untuk memulai misi luar angkasa berawak.

1967 - Pesawat Douglas DC-9-15 Trans World Airlines Penerbangan 553 jatuh di lapangan di Concord, Ohio setelah bertabrakan udara dengan pesawat Beechcraft Baron, menewaskan 26 orang.

1976- 42 orang tewas dalam kecelakaan kereta gantung di resor ski Cavalese, dekat Trento, Italia, yang merupakan kecelakaan kereta gantung terparah hingga saat ini.

1978 - Peresmian Jalan Tol Jagorawi, jalan tol pertama di Indonesia oleh Presiden Soeharto.

1991 - Demonstrasi masif menentang Slobodan Milošević merebak di Belgrade, Serbia.

2003 - Pencanangan Hari Musik Nasional Indonesia oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, berdasarkan hari kelahiran komposer Wage Rudolf Soepratman.

2011 - Pesawat ulang-alik Discovery mendarat terakhir kalinya setelah total penerbangan 39 kali.

2013 - Pelaksanaan Music Bank World Live Tour di Indonesia, bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

2016 - Gerhana Matahari Total di Bangka Belitung, Balikpapan, Palu dan Ternate, Indonesia.

2016 - Kroasia, Makedonia, dan Slovenia menutup perbatasan mereka bagi para migran yang berusaha melakukan perjalanan melalui Eropa setelah meninggalkan rumah mereka di tempat-tempat seperti Suriah dan Afghanistan.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Maret




TERPOPULER :