Minggu, 25/08/2019 07:37 WIB

Berhijab Sesuai Bentuk Wajah, Kamu yang Mana?

Agar tak salah pilih styling hijab, berikut tujuh panduan berhijab yang sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Ilustrasi hijab (Foto; Instagram/Agnia Punjabi)

Jurnas.com - Perkembangan fashion jilbab sekarang ini semakin pesat, banyak gaya-gaya, model atau trend cara pemakaian jilbab yang sangat bervariasi dan dapat menunjang kecantikan perempuan muslimah semakin terlihat trendy dan modis.

Dengan banyaknya cara pemakaian jilbab, mungkin banyam yang bingung mengaplikasikan gaya berjilbab yang sesuai bentuk wajah, sebab tidak semua gaya berjilbab cocok untuk semua bentuk muka.

Maka jika salah menentukan gaya berjilbab, penampilan pun akan kurang menarik atau bahkan kurang cocok. Berikut gaya hijab sesuai dengan bentuk wajah Anda:

1. Wajah Lonjong

Bagi Anda yang memiliki wajah panjang, lebih cocok menggunakan turkish hijab style atau hijab Arab. Jilbab model ini mengunakan undercaps (ciput dalam) hingga dahi, sehingga akan mengurangi efek panjang wajah anda dan memberi kesan penuh dan lebih padat bagi wajah yang panjang.

Untuk tatanan rambut, Anda boleh menggelungnya sebagai cepol belakang, agar kepala anda lebih seimbang dengan wajah dan bentuk kepala Anda lebih bagus, namun jangan menggelung rambut terlalu tinggi, karena akan membuat kepala anda terlihat semakin panjang.

2. Wajah Bulat

Bagi Anda yang memiliki Wajah Bulat, lebih pantas menggunakan jilbab yang menutupi sebagian luar pipi, tujuannya memberi kesan lebih panjang untuk wajah anda.

Pakailah jilbab yang menutupi sebagian pipi untuk menutupi bagian pipi yang chubby. Gunakan juga bahan yang jatuh agar memberikan efek wajah lebih ramping. Jangan gunakan sifon sutra (yang terlalu jatuh dan tipis) dan kaos tipis karena akan mempertegas tekstur wajah bulat anda, gunakan bahan sifon serat jagung, rajut ringan, crepe berfungsi memberi dimensi antara wajah dan kerudung.

Lalu tatanan rambut juga penting, jika anda mempunyai rambut yang panjang, sebaiknya dikuncir biasa, karena cepol atau konde yang berisi/volume akan memberikan efek terhadap kepala semakin besar.

Selain tatanan rambut yaitu aksesoris, jangan menggunakan aksesoris yang berisi di area kepala yang memberikan efek membundar/bulat seperti brooch bunga mengembang. Yang terpenting hindari pemakaian jilbab yang ketat dan menutupi dahi anda serta menonjolkan dahi Anda.

3. Wajah Oval

Perempuan ang mempunyai bentuk wajah Oval, tidak usah pusing dalam menentukan model jilbab, karena bentuk wajah Oval cocok mengunakan semua model jilbab. Anda yang mempunyai wajah Oval tinggal memilih padu-padan warna dan gaya sesuai usia, warna kulit dan karekter Anda.

Bagi pemilik wajah oval kecil, Anda bisa memakai aksen turban dan gunakan aksen loose dan pilih bahan yang jatuh. Untuk wajah mungil, Anda cocok juga mengenakan hijab yang terbuka pada area tulang pipi di sekitar telinga hingga ke arah dagu, tujuannya adar membuat bagian wajah anda tetap stand out dan tidak tampak semakin kecil.

4. Wajah Segitiga

Wanita dengan bentuk wajah segitiga lebih cocok jika mengunakan jilbab yang longgar. Jilbab yang erat khusus fokuskan pada daerah dahi yang lebih lebar, jadi usahakan tetap memakai jilbab dengan efek yang longgar dengan membuat lipatan lembut dibagian didaerah dahi tersebut.

5. Wajah Kotak Persegi

Untuk Anda yang memiliki bentuk wajah kotak harus menyamarkan bentuk rahang yang tegas, caranya yaitu dengan memilih jilbab yang membulat yang akan membingkai lembut wajah anda sehingga menyamarkan garis-garis tajam di area bawah muka.

Contoh, apabila anda menggunakan jilbab segitiga, tarik jilbab bagian rahang agak maju, sehingga menutupi bagian tulang rahang yang tegas. Jika wajah Anda tidak panjang, jangan tutupi kening terlalu banyak sehingga dapat terlihat lebih lonjong.

6. Wajah dengan dahi lebar

Untuk Anda yang memiliki dahi yang lebar akan semakin terlihat cantik memakai jilbab jika memakai inner bagian luar sisi kanan dan kiri, atau menggunakan ciput arab yang memang menutupi sebagian dahi, cara ini akan membuat Anda lebih cantik.

7. Wajah dengan Pipi Tembem

Bagi Anda yang memiliki pipi tembem akan lebih terliat cantik jika memakai inner hingga menutupi bagian bawah telinga. Lalu pilih jilbab dengan bahan loose yang akan membuat Anda lebih cantik. Jangan lupa makeup juga pipi Anda dengan menekankan shadding pada area pipi.

TAGS : Bentuk Wajah Tips Berhijab




TERPOPULER :