Rabu, 03/03/2021 04:20 WIB

Irak Dukung Iran Lawan Sanksi AS

Iran akan berdiri di sisi Iran melawan sanksi sepihak Amerika Serikat (AS).

Ketua Parlemen Irak Mohamed al-Halbousi bersama Ali Larijani di Teheran, Rabu 6 Maret 2018. (Foto: ANA/Tehran Time)

Teheran, Jurnas.com - Ketua Parlemen Irak Mohamed al-Halbousi mengatakan, negaranya akan berdiri di sisi Iran melawan sanksi sepihak Amerika Serikat (AS).

Dalam konferensi pers bersama dengan rekannya dari Iran, Ali Larijani di Teheran, Halbousi mengatakan, "Seperti halnya Iran memiliki sikap positif dalam memerangi terorisme, kami juga akan mendukung Iran melawan sanksi."

"Selain itu, sekarang saatnya untuk mengejar kepentingan negara kita, yang mengharuskan kita untuk meningkatkan kerja sama kita di bidang ekonomi dan di tempat lain," saran legislator Irak itu.

Sementara itu, Larijani menyatakan puas dengan situasi keamanan saat ini di Irak, setelah mengalahkan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) pada akhir 2017 dengan bantuan Iran.

Parlemen tertinggi Iran mengatakan Iran dan Irak menikmati hubungan persahabatan di berbagai bidang, terutama dalam bidang politik, ekonomi dan budaya.

Ia juga memuji upaya bersama tentara Irak, ulama senior Ayatollah Ali al-Sistani senior, dan Unit Mobilisasi Populer (PMU) yang didukung pemerintah, lebih dikenal dengan nama Arab sebagai Hashd al-Sha`abi, dalam mengalahkan ISIS kelompok.

Di tempat lain dalam sambutannya, Larijani mengatakan telah mengadakan pembicaraan dengan Halbousi tentang pengembangan hubungan ekonomi dan parlementer Teheran-Baghdad serta l cara-cara untuk membangun keamanan berkelanjutan di wilayah yang lebih luas.

Larijani juga mengatakan kepada rekannya dari Irak bahwa seharusnya tidak diizinkan bahwa rezim Zionis mendapatkan dominasi atas negara-negara Arab.

Ia juga mengatakan perlu untuk membantu Palestina sebagai negara yang tertindas. (Tehran Time)

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Iran Irak Sanksi Ekonomi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :