Rabu, 24/04/2019 19:26 WIB

Peristiwa Sejarah 05 Maret

Tanggal 05 Maret yang jatuh pada hari ke-64 (hari ke-65 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah

Pada 5 Maret 1917, Presiden Woodrow Wilson secara terbuka dilantik untuk masa jabatan keduanya. Dia memiliki pelantikan resmi dan pribadi sehari sebelumnya.

Jurnas.com - Tanggal 05 Maret yang jatuh pada hari ke-64 (hari ke-65 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, Perjanjian Nonproliferasi Nuklir mulai berlaku pada 1970.

Berikut peristiwa sejarah 05 Maret:

363 - Kaisar Romawi Julianus bergerak dari Antiokhia dengan 90.000 tentara menyerang Kekaisaran Sassaniyah, dalam kampanye yang akan membawanya kepada kematiannya sendiri.

1279 - Ordo Livonia kalah dalam Pertempuran Aizkraukle oleh Kadipaten Agung Lithuania.

1496 - Raja Henry VII dari Inggris menerbitkan surat hak paten kepada John Cabot dan putranya, memberi mereka kuasa untuk menjelajah daerah-daerah yang belum dikenal.

1616 - Buku Nicolaus Copernicus "On the Revolutions of the Heavenly Spheres" ditambahkan ke dalam Index of Forbidden Books 73 tahun setelah pertama kali diterbitkan.

1766 - Antonio de Ulloa, gubernur Spanyol pertama untuk Louisiana, tiba di New Orleans.

1770 - Pembantaian Boston: 5 orang Amerika, termasuk Crispus Attucks, ditembak mati oleh oleh tentara Inggris dalam sebuah insiden yang memicu meletusnya Perang Kemerdekaan Amerika 5 tahun kemudian.

1811 - Perang Peninsular: Pasukan Perancis di bawah pimpinan Marshal Claude Victor-Perrin dikerahkan untuk menahan serangan pasukan gabungan Inggris-Spanyol-Portugis yang berusaha menembus Pengepungan Cádiz dalam Pertempuran Barrosa.

1824 - Perang Inggris-Burma Pertama: Inggris resmi menyatakan perang kepada Burma.
1836 - Samuel Colt mempatenkan pistol revolver produksi pertamanya, kaliber .34.

1850 - Jembatan Britannia melintasi Selat Menai yang menghubungkan pulau Anglesey dan daratan utama Wales resmi dibuka.

1860 - Parma, Tuscany, Modena dan Romagna melakukan referendum untuk memilih bergabung dengan Kerajaan Sardinia.

1872 - George Westinghouse mempatenkan rem angin.

1906 - Pemberontakan Moro: tentara Angkatan Darat Amerika Serikat kewalahan menghadapi perlawanan Bangsa Moro dalam Pertempuran Bud Dajo, hanya 6 orang selamat.

1912 - Perang Italia-Turki: Pasukan Italia menjadi yang pertama kali menggunakan kapal udara militer untuk pengintaian di garis belakang Turki.

1931 - Raja Muda Inggris di India, Gubernur Jenderal Edward Frederick Lindley Wood, dan Mohandas Karamchand Gandhi (Mahatma Gandhi) menandatangani kesepakatan pembebasan tahanan politik dan membebaskan penggunaan garam oleh anggota masyarakat termiskin di India.

1933 - Great Depression: Presiden AS Franklin D. Roosevelt mengumumkan "bank holiday", menutup seluruh bank dan menghentikan seluruh transaksi finansial di seluru Amerika Serikat.

1933 - Partai Nazi pimpinan Adolf Hitler meraih 43.9% suara dalam pemilihan parlemen Jerman (Reichstag), yang selanjutnya memungkinkan kaum Nazi untuk mengesahkan Ermächtigungsgesetz dan membentuk kediktatoran.

1936 - Penerbangan perdana pesawat tempur bersayap tunggal tingkat lanjut Supermarine Spitfire di Inggris.

1940 - 6 anggota tingkat tinggi politbiro Uni Soviet, termasuk Sekretaris Jenderal Joseph Stalin, menandatangani surat perintah pengeksekusian 25.700 intelektual Polandia, termasuk 14.700 tawanan perang, dalam apa yang selanjutnya dikenal sebagai Pembantaian Katyn.

1942 - A.A. Hamidhan menerbitkan surat kabar Kalimantan Raya di Banjarmasin.

1942 - Perang Dunia II: Ibukota Hindia Belanda, Batavia, direbut oleh tentara ke-16 Kekaisaran Jepang, setelah ditinggalkan tanpa pertahanan oleh garnisun KNIL dan batalyon Blackforce Australia yang mundur ke Buitenzorg dan Bandung.

1943 - Penerbangan perdana pesawat jet Gloster Meteor di Inggris.

1944 - Perang Dunia II: Tentara Merah Uni Soviet memulai ofensif Uman–BotoČ™ani di Ukraina barat.

1948 - Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 42 tentang Palestina diadopsi.

1960 - Fotografer Kuba Alberto Korda membuat foto tokoh revolusi Ernesto "Che" Guevara yang kemudian menjadi ikonik.

1960 - Soekarno membubarkan DPR hasil Pemilu 1955, selanjutnya digantikan DPR-GR.

1970 - Perjanjian Nonproliferasi Nuklir mulai berlaku.

1979 - Republik Rakyat Tiongkok menarik pasukannya dari Vietnam Selatan.

1984 - Standard Oil Co. of California, juga dikenal sebagai Chevron, membeli Gulf Corp senilai lebih dari $ 13 miliar dalam penggabungan bisnis terbesar dalam sejarah AS pada saat itu .

1993 - Ben Johnson dari Kanada, yang pernah disebut sebagai manusia tercepat di dunia, dites positif menggunakan obat-obatan yang meningkatkan kinerja dan dilarang seumur hidup dari kompetisi trek.

2011 - Para arkeolog yang merenovasi pelabuhan Rio de Janeiro untuk Olimpiade 2016 melaporkan mengungkap sisa-sisa pelabuhan abad ke-19 di mana ribuan orang datang dari Afrika dan dijual sebagai budak.

2013 - Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal pada usia 58 dan Wakil Presiden Nicolas Maduro naik ke kursi kepresidenan.

2014 - Dewan Perguruan Tinggi yang berbasis di New York mengumumkan rencana untuk perbaikan besar-besaran terhadap tes SAT - ujian masuk perguruan tinggi - untuk mulai berlaku pada tahun 2016.

2018 - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertemu dengan pejabat Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak menjadi pemimpin. Utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sedang dalam misi untuk menengahi pembicaraan denuklirisasi antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Maret




TERPOPULER :