Senin, 09/12/2019 14:05 WIB

Yuk Simak Empat Tips Atasi Gigi Ngilu!

Gigi sensitif gejalanya terus menerus dirasakan, bukan hanya makanan dan minuman yang dikonsumsi misal manis atau dingin.

Dokter Gigi Callista Argentina Wulansari (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta, Jurnas.com - Tahukah Anda, keluhan gigi ngilu dapat dipengaruhi oleh gigi sensitif, yang dipengaruhi oleh penipisan lapisan enamel gigi, dan menyebabkan lapisan dentin gigi terpapar lingkungan luar, sehingga gigi Anda mudah terasa ngilu.

Gigi ngilu juga bisa terjadi ketika lapisan paling dalam gigi yaitu pulpa gigi, di mana terdapat saraf dan pembuluh darah yang sensitif, mengalami peradangan.

Menurut Dokter Gigi Callista Argentina Wulansari gigi sensitif gejalanya terus menerus dirasakan, bukan hanya makanan dan minuman yang dikonsumsi misal manis atau dingin.

"Menghindari kebiasaan khusus seperti kebiasaan gigit es batu. Kalau habis minum asam jangan langsung sikat gigi, ada jeda supaya mineral tidak terbuang saat kita sikat gigi," ucap Dokter Callista usai ditemui di acara Konferensi Pers Gigi Sensitif pada Generasi Milenial, di Jakarta, Jumat (1/3).

Ia juga menyarankan untuk memilih sikat gigi yang lembut dan diganti tiga bulan sekali, jangan sampai nunggu mekar. Harus make sure, tekniknya pas tidak terlalu kuat dalam menyikat, khususnya di bagian dalam gigi.

"Terlebih kalau sering menyikat gigi misalnya setiap habis makan punya kebiasaan sikat gigi," imbuhnya.

Berikut tips yang bisa dilakukan dalam mengatasi gigi sensitif dari Dokter Callista yaitu:

1. Mengidentifikasi penyebab gigi sensitif, apakah karena sensitif, ada lubang atau karang gigi.

2. Mengurangi kebiasaan yang memicu gigi sensitif

3. Menyikat sikat gigi secara benar, kalau sikat gigi terburu-buru bisa mengalami turunnya fungsi gusi.

4. Memilih produk pasta gigi yang tepat dan rutin memakainya.

TAGS : Tips Merawat Gigi Gigi Ngilu




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :