Minggu, 21/07/2019 05:07 WIB

Lima Makanan ini Kaya Serotonin

Jika Anda kerap mengonsumsi lima jenis makanan ini maka kebutuhan Anda pada zat serotonin sudah tercukupi.

Ikan salmon mengandung serotonin (foto: ilustrasi)

Jurnas.com - Zat serotonin terdapat di bahan makanan sehat yang bisa dikonsumsi Anda sehari-hari. Namun, semakin banyak junk food dan gorengan, makanan tidak sehat yang kita konsumsi, semakin tinggi pula peluang kita untuk merasa tertekan, lesu, dan emosi negatif.

Ketika kita menelan makanan organik dan sehat yang menyehatkan kita sepenuhnya, kita memiliki antisipasi yang lebih baik untuk berada dalam kondisi `enak-enak`.

Dilansir dari Boldsky, berikut makanan yang kaya akan sumber serotonin:

1. Tahu

Meskipun tahu tidak memiliki serotonin langsung, tahu mengandung tiga senyawa yaitu triptofan, isoflavon dan karbohidrat kompleks yang memainkan peran utama dalam produksi kimia. Tahu adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Satu cangkir tahu menghasilkan sekitar 89 persen triptofan.

Isoflavon meningkatkan tingkat protein transporter serotonin. Selain itu, karbohidrat kompleks bertahan untuk jangka waktu yang lama dalam darah dan tidak mudah rusak. Diketahui untuk meningkatkan produksi monoamine ini di otak. Ketiga senyawa ini bekerja bersama mempengaruhi siklus mood dan hormon seks.

2. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber protein terkaya bagi pecinta makanan laut. Ini memberikan stamina yang sangat baik dan juga dikenal sebagai afrodisiak. Ini memiliki jumlah asam lemak omega-3 yang baik yang membantu dalam produksi serotonin. Pelepasan 5-HT dalam bantuan aliran darah dalam mengatur libido.

3. Kacang

Ada berbagai macam kacang yang mudah tersedia seperti almond, macadamia, dan kacang pinus. Mereka mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3, yang membantu pelepasan serotonin ke dalam aliran darah.

Menurut sebuah eksperimen yang dilakukan antara dua kelompok orang, individu yang mengonsumsi kacang kenari selama delapan minggu mengalami peningkatan skor Total Mood Disturbance. Namun, varietas yang berbeda menghasilkan kadar 5-HT yang berbeda.

4. Biji-bijian

Ada banyak opsi di pasar dalam hal benih yang dapat dimakan. Beberapa yang umum adalah labu, semangka, labu, rami, wijen, chia, biji kemangi, dll. Semua ini memiliki kadar asam lemak omega-3 yang baik, yang mengatur produksi serotonin. Juga, black seed atau black cumin memiliki persentase tryptophan yang baik yang meningkatkan level 5-HT otak.

5. Kalkun

Turki mengandung kadar tryptophan lebih dari ayam atau daging lainnya. Ini juga memiliki kadar asam amino lain yang baik. Ketika daging kalkun dipasangkan bersama dengan beberapa sumber karbohidrat, fungsinya lebih baik untuk meningkatkan kadar serotonin di otak, sehingga membuat kita merasa bahagia, bahkan mungkin mengantuk.

TAGS : Zat Serotonin Makanan Bergizi




TERPOPULER :