Sabtu, 23/03/2019 21:53 WIB

Jepang Janjikan USD32,5 Juta untuk Pengungsi Rohingya

Bantuan akan digunakan untuk para pengungsi Rohingya yang ditampung di Cox`s Bazar.

Kelangkaan makanan membuat pengungsi Rohingya yang tinggal di kamp-kamp sulit melaksanakan puasa Ramadan seperti yang mereka lakukan sediakal. (Foto: Reuters)

Dhaka, Jurnas.com - Kedutaan Besar Jepang di Dhaka, mengatakan, pemerintah Jepang akan memberikan bantuan sebesar USD32,5 juta untuk para pengungsi Rohingya di Bangladesh.

"Bantuan itu akan digunakan untuk mendukung Rohingya yang ditampung di Cox`s Bazar, Bangladesh, dan masyarakat setempat," kata kedutaan Jepang di ibu kota Bangladesh dalam sebuah siaran pers, Selasa (26/2).

Kedutaan menambahkan bahwa keputusan itu diambil pada 7 Februari.

"Sejak gelombang besar pengungsi Rohngya menyerbu Bangladesh pada Agustus 2017, pemerintah Jepang telah memberikan sekitar USD50,2 juta kepada sejumlah organisasi internasional, di luar jumlah bantuan yang baru dijanjikan," ungkap pernyataan itu.

Jepang akan memperluas bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Rohingya dan masyarakat setempat di Cox`s Bazar melalui pengelolaan lokasi kamp-kamp pengungsi, menyediakan makanan, tempat tinggal, layanan medis dan pelatihan.

Bantuan akan diberikan melalui lembaga internasional, seperti Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), Dana Populasi PBB (UNFPA), Dana Darurat Anak Internasional PBB (UNICEF), Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) dan lain-lain. (Anadolu)

TAGS : Jepang Etnis Rohingya Cox`s Bazar




TERPOPULER :