Sabtu, 24/08/2019 07:26 WIB

Trio Emak-Emak Penyebar Hoax dan Kampanye Hitam Resmi Tersangka

Tiga emak-emak di Karawang akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka, setelah menyebarkan kampanye hitam alias hoax.

Tiga eman-emak yang diduga melakukan kampanye hitam dan telah menjadi tersangka. (Foto ; Jurnas/Faktagram)

Karawang, Jurnas.com- Kasus hoax kembali menelan korban. Trio emak-emak di Kerawang, Jawa Barat melakukan kampanye hitam dengan menghasut warga sekitar, terkait pelarangan adzan dan pengesahan perkawinan sejenis apabila Capres 01 terpilih.

Berdasarkan laporan polisi, ketiga emak-emak berinisial ES (49), IP (45), dan CW (44) telah ditetapkan menjadi tersangka atas dugaan kampanye hitam yang bisa dikategrikan hoax.  Dan mereka pun kini mendekam di Mapolres Karawang, Jawa Barat untuk kepentingan penyidikan.

"Kita telah menetapkan ketiganya sebagai tersangka. Penetapan itu dilakukan sesuai penyelidikan yang dilakukan pada Senin, 25 Februari 2019 kemarin,” tegas Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko di Polda Jawa Barat, Selasa (26/2).

“Kini statusnya naik dari penyelidikan menjadi penyidikan. Dan kami melakukan penahanan untuk meneruskan penyidikannya,” sambung Kombes Pol  Wisnu  Andiko.

Emak-emak tersebut tersiar dalam sebuah video yang menjadi viral, saat mereka melakukan aksi door to door di Karawang, Jawa Barat. Isi dialog mereka seperti di bawah ini.

"Moal aya deui sora azan, moal aya deui nu make tieung. Awewe jeung awene meunang kawin, lalaki jeung lalaki meunang kawin," kata perempuan di video yang viral.

Dalam bahasa Indonesia dianrtikan ;

Suara azan di masjid akan dilarang, tidak akan ada lagi yang memakai hijab. Perempuan sama perempuan boleh kawin, laki-laki sama laki-laki boleh kawin

Dari informasi yang diterima pmjnews.com, ketiga perempuan tersebut dijerat dengan pasal Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45A ayat (2) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

TAGS : Hoax Kampanye Hitam Karawang




TERPOPULER :