Sabtu, 28/11/2020 03:55 WIB

KPK Yakin Lucas Merintangi Penyidikan Eks Petinggi Lippo Group

Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakin Advokat Lucas merintangi penyidikan perkara mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro. Hal itu berdasarkan sejumlah bukti dan keterangan saksi.
 

Pengacara Lucas

Jakarta - Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakin Advokat Lucas merintangi penyidikan perkara mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro. Hal itu didasari atas sejumlah bukti dan keterangan saksi.

Keyakinan itu dikatakan Jaksa KPK, M Basyir, usai sidang terdakwa Lucas, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (21/2). Dipastikan Baysir, sejumlah barang bukti yang dihadirkan dalam persidangan dalam menjerat Lucas sudah terstruktur.

"Kontruksi pembuktian kita sudah terstruktur, sangat terstruktur. Dari hari kehari sampai hari ini, tambah yakin. Sangat meyakinkan," tegas Basyir.

Jaksa KPK juga tak ambil pusing dengan sejumlah manuver Lucas dan tim kuasa hukum dalam menepis dakwaan dan bukti. Salah satu yang kerap dipersoalkan Lucas dan tim kuasa hukum terkait bukti rekaman sadapan KPK.

"Kita sama sekali tidak memusingkan ya dengan sikap terdakwa. Terdakwa ga ngaku itu fitrahnya. Kalau semua terdakwa ngaku, Sukamiskin penuh. Jadi fitrahnya memang begitu. Silahkan membela diri secara all out, kita menghargai. Mau menghadirkan ahli monggo," katanya.

Dalam perkara ini, Advokat Lucas didakwa bersama-sama dengan Dina Soraya telah merintangi penyidikan mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro. Diduga Lucas menyarankan Eddy Sindoro selaku tersangka untuk tidak kembali ke Indonesia.

Jaksa KPK juga mendakwa Lucas membantu mengupayakan agar Eddy Sindoro masuk dan keluar wilayah Indonesia tanpa pemeriksaan imigrasi. Hal itu dilakukan Lucas untuk menghindari tindakan hukum KPK terhadap Eddy Sindoro.

Dalam kasusnya, Eddy Sindoro diduga menyuap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Edy Nasution. Diduga suap terkait pengurusan tiga perkara yang melibatkan perusahaan-perusahaan di bawah Lippo Group.

TAGS : Pengacara Lucas Kasus Lippo Group Eddy Sindoro




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :