Selasa, 21/05/2019 17:30 WIB

"Breakdance" Resmi Jadi Cabor Olimpiade 2024

Breakdance akan memulai debutnya sebagai olahraga resmi Olimpiade di Paris pada 2024 mendatang

Olimpiade

Paris, Jurnas.com - Breakdance akan memulai debutnya sebagai olahraga resmi Olimpiade di Paris pada 2024 mendatang. Demikian keterangan ketua panitia lokal pada Kamis (21/2).

Skateboarding, panjat tebing, dan selancar, yang telah ditambahkan ke dalam cabang olahraga (cabor) untuk Olimpiade Tokyo 2020, juga diikutsertakan dalam Olimpiade 2024.

Tony Estanguet, kepala komite pengorganisasian Paris 2024 dan mantan peraih medali emas Olimpiade di kano, mengatakan dimasukkannya empat olahraga menanggapi kebutuhan untuk membuat Olimpiade "lebih urban" dan "lebih artistik".

"Ini adalah langkah besar ke depan dalam ambisi kami untuk menyelenggarakan Olimpiade yang unik," kata Estanguet dikutip dari AFP.

"Sejak awal, tujuan kami adalah menawarkan permainan yang akan berdampak dan elemen kejutan."

"Inilah sebabnya kami memilih untuk menyajikan IOC dengan empat olahraga yang sama kreatifnya dengan spektakuler, diarahkan untuk remaja dan sepenuhnya sejalan dengan visi kami."

"Mereka mencerminkan dengan sempurna identitas Paris 2024," imbuh dia.

Breakdancing muncul dalam Olimpiade Pemuda 2018 di Buenos Aires, dalam bentuk "pertempuran" head-to-head.

Penari Rusia Sergei Chernyshev, yang dikenal dengan julukan Bumblebee, memenangkan medali emas breakdance pertama untuk anak laki-laki dalam acara itu, sementara Ramu Kawai Jepang memenangkan gelar perempuan.

IOC telah mengumumkan bahwa jumlah peserta di Paris 2024 akan dibatasi menjadi 10.500 peserta, yang membatasi ruang lingkup untuk menambah olahraga.

Tetapi panitia mengatakan bahwa penyertaan empat cabang olahraga di Paris tidak akan memerlukan pembangunan fasilitas permanen dan hanya akan melibatkan 248 peserta, yang 32 di antaranya akan melakukan breakdance.

Acara selancar kemungkinan akan diadakan di pusat selancar yang sudah mapan seperti Biarritz atau Lacanau di barat daya Prancis.

"Ini adalah kehormatan dan hak istimewa yang luar biasa bahwa, untuk pertama kalinya, disiplin tari dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam Olimpiade. Ini adalah pengalaman yang merendahkan bagi semua anggota dan pendukung DanceSport," kata Shawn Tay, presiden World DanceSport Federation.

Dia meramalkan bahwa, jika dimasukkan, breakdance akan menjadi kesuksesan luar biasa.

TAGS : Breakdance Olimpiade 2024 cabang olahraga




TERPOPULER :