Sabtu, 23/03/2019 10:01 WIB

Peristiwa Sejarah 21 Februari

Tanggal 21 Februari yang jatuh pada hari ke-52 dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah

Kikkan Randall dan Jessie Diggins memenangkan medali emas pertama Amerika Serikat dalam sejarah balapan ski lintas negara gaya bebas musim semi tim wanita di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

Jurnas.com - Tanggal 21 Februari yang jatuh pada hari ke-52 dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah. Salah satunya, tokoh nasionalis Afrika-Amerika, Malcolm X dibunuh oleh anggota Nation of Islam di New York pada 1965 silam.

Berikut peristiwa sejarah 21 Februari:

1613 - Mikhail I terpilih secara mutlak oleh parlemen Rusia untuk menjadi Tsar, sekaligus memulai Dinasti Romanov pada masa Kekaisaran Rusia.

1804 - Lokomotif uap pertama buatan Richard Trevithick digunakan untuk pertama kalinya di Wales.

1848 - Manifesto Komunis diterbitkan oleh Karl Marx dan Friedrich Engels.

1878 - New Haven, Conn., Telephone Co. menerbitkan direktori telepon pertama. Itu terdaftar 50 pelanggan.

1885 - Monumen Washington, sebuah obelisk marmer setinggi 555 kaki dibangun untuk menghormati pahlawan revolusioner Amerika dan presiden pertama, didedikasikan di Washington.

1916 - Jerman meluncurkan Pertempuran Verdun. Lebih dari 1 juta tentara di pasukan Jerman dan Prancis tewas dalam pertempuran hampir 10 bulan. Itu adalah pertempuran terpanjang Perang Dunia I.

1925 - Edisi pertama The New Yorker diterbitkan.

1934 - Pemimpin gerilyawan Nikaragua Cesar Augusto Sandino dibunuh oleh anggota penjaga nasional negara itu.

1953 - Francis Crick dan James D. Watson menemukan struktur heliks ganda dari molekul DNA.

1965 - Pemimpin Muslim Hitam Malcolm X dibunuh di sebuah rapat umum di New York.

1972 - Richard Nixon menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi Republik Rakyat Tiongkok.

1994 - Perwira kontra intelijen CIA lama Aldrich Ames dan istrinya, Maria, ditangkap dan didakwa dengan menjual informasi ke Uni Soviet dan Rusia. Ames dijatuhi hukuman penjara seumur hidup; istrinya mendapat hukuman lima tahun.

1995 - Sebuah komisi Rusia memperkirakan hingga 24.400 warga sipil tewas dalam dua bulan pemberontakan di republik separatis Chechnya.

2007 - Negara tetangga nuklir India dan Pakistan menandatangani perjanjian di New Delhi yang bertujuan mencegah penggunaan senjata atom secara tidak sengaja.

2013 - Mantan polisi Illinois Sersan. Drew Peterson, 59, dijatuhi hukuman 38 tahun penjara karena pembunuhan pada tahun 2004 dari istri ketiganya, Kathleen Savio. Istri keempat Peterson, Stacy, yang menghilang pada 2007, masih hilang.

2014 - Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet di pengasingan, di Gedung Putih setelah pemerintah Cina memperingatkan pertemuan itu akan merusak hubungan AS-Cina. Pernyataan Gedung Putih mengatakan Obama "menegaskan kembali posisi AS bahwa Tibet adalah bagian dari Republik Rakyat Tiongkok dan bahwa Amerika Serikat tidak mendukung kemerdekaan Tibet ."

2018 - Kikkan Randall dan Jessie Diggins memenangkan medali emas pertama Amerika Serikat dalam sejarah balapan ski lintas negara gaya bebas musim semi tim wanita di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Februari




TERPOPULER :