Senin, 17/06/2019 08:41 WIB

1,46 Juta Lowongan Pekerjaan Tersedia di Jerman

Fenomena kekurangan pekerja tersebut konon tidak pernah terjadi sebelumnya di Jerman, menurut Institut Riset Ketenagakerjaan (IAB).

Curriculum Vitae untuk melamar pekerjaan (Foto: MPS Soft)

Berlin, Jurnas.com – Terdapat setidaknya 1,46 juta lowongan kerja di pasar tenaga kerja Jerman pada kuartal keempat 2018. Fenomena kekurangan pekerja tersebut konon tidak pernah terjadi sebelumnya di Jerman, menurut Institut Riset Ketenagakerjaan (IAB).

“Kami melihat peningkatan yang jelas dalam jumlah lowongan kerja di semua sektor ekonomi. Ini berlaku baik untuk kuartal sebelumnya, dan kuartal yang sama tahun sebelumnya,” kata pakar tenaga kerja IAB Alexaner Kubis pada Rabu (20/2).

Dikutip dari People’s Daily, dibandingkan dengan kuartal ketiga 2018, jumlah pekerjaan yang kosong di Jerman meningkat sebesar 221.000.

Kekurangan pekerja lebih parah terjadi di Jerman Barat. Menurut IAB, lowongan pekerjaan pada kuartal keempat 2018 di kawasan tersebut sebesar 1.134.000, sementara hanya 325.000 di Jerman Timur.

IAB mensurvei seluruh pasar tenaga kerja Jerman empat kali per tahun. Tinjauan ini meliputi pekerjaan yang tidak terdaftar di agen tenaga kerja federal Jerman, dan mengevaluasi tanggapan sekitar 14.500 pengusaha dari semua sektor ekonomi Jerman.

Tingkat lowongan kerja di Jerman, yang menunjukkan rasio antara posisi yang harus diisi segera dan pekerjaan yang sedang berlangsung yang tunduk pada asuransi sosial, rata-rata 3,5 persen di Jerman.

Menurut IAB, rasio ini telah meningkatkan dari 2,9 persen setahun sebelumnya. “Permintaan akan personel telah meningkat secara signifikan,” kata Kubis.

Ulf Rinne, rekan peneliti senior di IZA Institute of Labor Economics di Bonn, mengatakan kepada Xinhua bahwa meningkatnya kekurangan tenaga kerja di berbagai sektor ekonomi menggarisbawahi bahwa Jerman membutuhkan strategi komprehensif untuk menarik pekerja terampil.

TAGS : Lowongan Pekerjaan Jerman Info Loker




TERPOPULER :