Senin, 25/03/2019 13:36 WIB

Sejumlah Warga Kecewa Nigeria Tunda Pemilihan Presiden

Seorang pemilih, Chioma Agwuegbo, kecewa dengan keputusan INEC untuk menunda pemungutan suara.

Presiden Nigeria terpilih, Muhammadu Buhari, tiba untuk Peresmiannya di alun-alun elang di Abuja, Nigeria. (Foto: AP)

Abuja, Jurnas.com - Pemilihan Presiden dan Wakil Parlemen Nigeria yang sedianya akan dilaksanakan pada Sabtu (16/2) ditunda hingga 23 Februari, karena persoalan logistik.

Ketua Komisi Pemilihan Independen (INEC), Mahmoud Yakubu, mengatakan, komisi akan melakukan audit terhadap semua bahan sensitif yang didistribusikan di seluruh negara sebelum pemlihan tersebut.

"Terlepas dari tantangan logistik ini, kami juga menghadapi apa yang mungkin merupakan upaya untuk menyabot persiapan kami. Dalam waktu dua minggu, kami harus menghadapi insiden kebakaran serius di tiga kantor kami," kata ketua pemilihan.

INEC juga mengesampingkan kampanye lebih lanjut partai-partai politik dan perpanjangan dari pengumpulan kartu pemilih.

Hanya beberapa jam sebelum warga Nigeria memadati tempat pemungutan suara untuk, komisi menarik steker, mengumumkan penundaan satu minggu hingga 23 Februari untuk menyelesaikan semua masalah logistik.

Pengumuman ini membuat pendukung oposisi dan anggota masyarakat sipil kecewa.

"Pengumuman mengejutkan INEC memiliki konsekuensi yang sangat luas pada integritas pemilu, kepercayaan warga pada kemampuannya dan berpotensi dapat mengurangi antusiasme jutaan warga Nigeria yang telah menunggu dan bersiap untuk berpartisipasi dalam pemilihan hari ini," kata kelompok masyarakat sipil.

"Banyak warga Nigeria melakukan perjalanan ke pusat pemungutan suara mereka untuk berpartisipasi dalam pemilihan. Sekarang ada pertanyaan terbuka tentang apakah mereka akan bersedia untuk kembali ke pangkalan mereka hanya untuk melakukan perjalanan lagi dalam beberapa hari untuk melaksanakan tugas kewarganegaraan mereka," tambahnya.

Seorang pemilih, Chioma Agwuegbo, kecewa dengan keputusan INEC untuk menunda pemungutan suara.

"Pemilihan ditunda pada pukul 2.40 pagi pada hari pemilihan. Ayo! Apakah mereka baru tahu tentang masalah logistik pada Jumat malam? Ini memalukan dan sama sekali tidak menghormati Nigeria. Tampaknya kita belum belajar pelajaran dari tahun 2015," Agwuegbo kata Al Jazeera

TAGS : Pemilu Nigeria Alasan Logistik Ancaman Nigeria




TERPOPULER :