Sabtu, 23/03/2019 09:12 WIB

China Tegaskan Bakal Perbaiki Hubungan dengan Venezuela

Dia menekankan bahwa kolaborasi China-Amerika Latin telah membawa yang terakhir sejumlah besar peluang kerja dan secara solid mendorong pembangunan lokal dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

Juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying mengatakan Beijing akan menjadi tuan rumah lima kekuatan nuklir utama minggu depan. File Foto oleh Stephen Shaver / UPI

Jakarta, Jurnas.com - China menegaskan kembali hubungannya dengan Venezuela untuk melanjutkan kerja sama pragmatis dengan negara berdasarkan saling menguntungkan, pembangunan bersama dan aturan komersial.

Dilansir CGTN, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying membuat pernyataan itu pada konferensi pers reguler pada Kamis (14/02) di Beijing.

Dia menanggapi berita tentang Utusan Khusus AS untuk Venezuela, Elliott Abrams, menyarankan bahwa China dapat berhenti memberikan pinjaman kepada Venezuela karena khawatir akan kemampuan pembayaran kembali negara Amerika Latin itu.

Hua juga bereaksi terhadap pertanyaan tentang Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton yang menyebutkan cara-cara untuk melawan "tindakan predator" China di Barat selama panggilan telepon dengan Presiden Elay terpilih terpilih Nayib Bukele.

Hua mengatakan hubungan antara China dan El Salvador sesuai dengan hukum internasional dan prinsip-prinsip dasar yang memandu hubungan internasional.

Ini sejalan dengan kepentingan mendasar kedua negara dan rakyat mereka, Hua menekankan, menambahkan bahwa hubungan bilateral mereka tidak akan saling menghalangi dalam mengembangkan hubungan dengan negara lain.

"China bersedia melihat AS dan El Salvador mengembangkan hubungan satu sama lain berdasarkan rasa saling menghormati dan non-campur tangan urusan dalam negeri," ujar Hua.

"Oleh karena itu, pengembangan hubungan antara AS dan El Salvador seharusnya tidak mengorbankan persahabatan normal yang ingin dikembangkan oleh negara lain dengan El Salvador."

Juru bicara China juga menunjukkan bahwa China tidak tertarik terlibat dalam kompetisi geopolitik di Amerika Latin.

Dia menekankan bahwa kolaborasi China-Amerika Latin telah membawa yang terakhir sejumlah besar peluang kerja dan secara solid mendorong pembangunan lokal dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

Menyebut tuduhan AS tidak berdasar dan tidak masuk akal," kata Hua "Kami berharap orang-orang tertentu harus melihat kerja sama antara Cina dan Amerika Latin serta antara Cina dan El Salvador dengan keterbukaan, toleransi dan ketenangan.

TAGS : China Venezuela Hubungan Diplomatik




TERPOPULER :