Sabtu, 23/01/2021 20:48 WIB

Trump Kembali Ancam Tutup Pemerintahan AS

Trump mengaku kurang tertarik dengan draf kesepakatan antara kubu Republik dengan Demokrat ihwal pendanaan pembangunan dinding disepanjangan perbatasn Mesksiko.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengunjungi perbatasan negara itu dengan agen patroli perbatasan di Mission, Texas (Foto: Leah Mills/Reuters)

Washington, Jurnas.com - Presiden Donald Trump, kembali mengancam akan menutup sebagian pemerintahan Amerika Serikat (AS), jika kesepakan pembangunan dinding pembatas AS-Meksiko tak rampung.

Trump mengaku masih kurang tertarik dengan draf kesepakatan antara kubu Republik dengan Demokrat ihwal pendanaan pembangunan dinding disepanjangan perbatasn Meksiko saat ini.

"Saya kurang tertarik. Saya harus mempelajarinya terlebih dahulu," kata Trump dilansir dari Reuters.

Draf itu berisi rencana anggaran pembangunan tembok Meksiko yang diminta Trump dan dana untuk membiayai pemerintahan hingga akhir masa fiskal September mendatang.

Hambatan besar dalam kesepakatan ini adalah permintaan Trump untuk menyediakan anggaran USD5,7 miliar guna membangun dinding di sepanjang perbatasan dengan Meksiko.

Jika Kongres kembali tak mencapai kesepakatan anggaran pada tenggat waktu 15 Februari mendatang, pemerintahan AS terancam tutup lagi setelah situasi serupa terjadi sejak Desember hingga akhir Januari lalu.

Partai Republik yang menguasai Senat memperjuangkan permintaan Trump, sementara Partai Demokrat sebagai pemegang suara mayoritas di Dewan Perwakilan menganggap dana tersebut terlalu besar

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat Meksiko Imigran Ilegal




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :