Sabtu, 24/08/2019 14:32 WIB

Kelola Diabetes di Tempat Kerja

Orang dengan diabetes menghadapi stigma di tempat kerja karena memiliki pola makan yang berbeda.

Alat penguji gula darah (Foto: Ilustrasi)

Jurnas.com - Tahukan Anda jika pengidap diabetes merasa sulit untuk bekerja dalam shift yang berbeda karena waktu diet, tidur dan obat-obatan harus seimbang. Mereka yang menderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 kadang-kadang kehilangan waktu maka karena jadwal mereka yang sibuk. Hal Ini sangat mempengaruhi kadar glukosa darah.

Studi mengatakan lebih sering, orang dengan diabetes menghadapi stigma di tempat kerja karena memantau kadar glukosa darah, pembatasan diet, suntikan insulin, obesitas dan serangan hipoglikemik.

Karena stigma, mereka mengalami perasaan cemas, takut, menyalahkan, bersalah, malu dan rendah diri. Akibatnya, orang tersebut mengalami depresi yang selanjutnya meningkatkan tingkat komplikasi seperti disfungsi seksual, masalah makrovaskuler dan retinopati.

Jadi, inilah beberapa cara efektif untuk mengelola diabetes di tempat kerja.

#Menguji Gula Darah

Menguji kadar gula darah Anda di tempat kerja adalah hal terbaik untuk dilakukan. Lebih baik menyimpan semua persediaan Anda seperti glukometer dan suntikan insulin di meja Anda sehingga jika Anda merasa perlu mengonsumsi insulin, Anda akan dapat menggunakannya tepat waktu. Anda juga dapat menambahkan pengingat di telepon Anda untuk mengingatkan Anda untuk memeriksa gula darah atau mengambil insulin ketika Anda memiliki jadwal sibuk.

#Sarapan Sehat

Sarapan yang baik diperlukan untuk penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, sarapan berenergi tinggi dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam hiperglikemia postprandial keseluruhan (PPHG) pada pasien diabetes sepanjang hari. Jika jam kantor Anda lebih awal, siapkan sarapan Anda malam sebelumnya sehingga Anda bisa memakannya langsung di pagi hari. Nikmati shake buah segar, sarapan burrito, telur orak-arik dan roti bakar, sereal gandum dengan yogurt dan buah-buahan.

#Sering Beristirahat

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda berada di luar ruangan, Anda cukup berolahraga. Tetapi jika Anda memiliki pekerjaan kantor, Anda harus beristirahat setiap 1 atau 2 jam untuk mengelola diabetes di tempat kerja. Karena jam duduk yang lama dapat menyebabkan kematian kardiovaskular dini dan peningkatan risiko obesitas. Berjalan-jalan sebentar di sela-sela pekerjaan, berjalan setelah istirahat makan siang atau mengikuti rapat akan mengurangi kadar glukosa.

#Paket Snack Sehat

Makan camilan sehat sepanjang hari dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda. Tetapi sangat penting untuk memilih makanan ringan yang tinggi serat, protein dan lemak sehat karena nutrisi ini akan mengontrol kadar glukosa darah Anda. Beberapa pilihan camilan terbaik adalah telur rebus, yogurt dengan buah beri, kacang, irisan apel dengan selai kacang, kerupuk gandum, dll.

#Turunkan Stres Anda

Bagi penderita diabetes, stres dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam waktu lama. Karena itu, penting untuk menurunkan stres Anda untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Untuk mengurangi stres, cobalah melakukan meditasi, bernapas dalam-dalam atau berjalan-jalan pendek di luar.

 

TAGS : Pengidap Diabetes Gula Darah Sarapan Sehat




TERPOPULER :